GMNI Gembleng Kader di Buper Mekarbuana

KARAWANG, KarawangNews.com - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Karawang kembali melaksanakan kaderisasi yang bertajuk Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) di Bumi Perkemahan Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, 29 Mei - 01 Juni 2015. Kegiatan ini diikuti puluhan mahasiswa dari Karawang dan Bekasi.

Ketua Panitia, Dian Septiana mengatakan, KTD GMNI merupakan proses kaderisasi setelah Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB).

“Para peserta yang mengikuti ialah mereka yang mendapatkan rekomendasi dari pengurus komisariat melalui syarat minimal menjadi anggota selama enam bulan usai mengikuti PPAB,” kata Dian, Minggu (31/5/2015).

Dalam kegiatan KTD ini, para peserta diberikan berbagai materi Manajemen Organisasi, Nasionalisme Indonesia, Pengantar Filsafat, Kesarinahan, Empat Kutub Ideologi, Muatan Lokal (Mulok), Pengantar Politik Indonesia dan Analisa Sosial.

"Tujuan pemberian materi ini untuk memberi wawasan dalam berpikir dan ketajaman analisa, terutama memperkuat pemahaman para anggota GMNI mengenai Ideologi Marhaenisme yang merupakan azas organisasi," terangnya.

Dia menjelaskan, setelah mengikuti materi ruangan selama tiga hari, para peserta KTD nantinya akan melakukan analisa sosial selama beberapa minggu di daerahnya masing-masing dengan membuat laporan akhir mengenai kehidupan masyarakat dalam berbagai segmentasi.

"Bukan hanya materi saja yang diberikan, juga dituntut untuk bisa mengimplementasikan di kehidupan bermasyarakat, sekaligus analisa sosial," jelasnya.

Ketua DPC Gmni Karawang, Putra Wifdi Kamal S.Kom menyampaikan, KTD sebagai wadah untuk menciptakan dan membentuk mental-mental generasi muda bangsa Indonesia yang kritis melihat permasalahan dan mampu membuat perubahan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga, usai mengikuti KTD ini para anggota akan dilantik menjadi kader dan melanjutkan pada tahap jenjang kaderisasi selanjutnya.

"KTD Ini adalah tahap awal kaderisasi di GMNI, masih ada tahapan kaderisasi selanjutnya, yaitu Kaderisasi Tingkat Menengah (KTM) dan Kaderisasi Tingkat Pelopor (KTP)," jelasnya.

Dia berharap, di Buper Mekarbuana ini para anggota akan dilantik menjadi kader GMNI, juga lebih konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat, terbentuknya kemapanan berfikir, bergerak dan bertindak dalam diri setiap kader GMNI.

"Selesai KTD ini, para anggota GMNI akan menjadi kader bangsa yang tangguh dan peka melihat realitas kebangsaan yang ada untuk melakukan perubahan yang mendasar bagi rakyat Indonesia, serta mempersiapkan kader bangsa yang mampu memahami ideologi marhaenisme atas medan antitesanya serta nilai-nilai luhur budaya bangsa," kata Putra. (wen)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -