Deden dan Jimmy Tarung Elektabilitas

KARAWANG, KarawangNews.com - Mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat periode lalu, Deden Darmansah menyatakan hanya siap jadi calon bupati Karawang dan tidak minat jadi calon wakil bupati. Dia belum memutuskan untuk berpasangan dengan Ketua DPC PKB Karawang, Ahmad Jimmy Zamakhsyari, meski sudah santer kabar pasangan Jimmy-Deden di Pemilihan Bupati (Pilbub) Karawang tahun 2015 ini.

"Yang jelas saya tidak akan mendahului keputusan partai, sekalipun partai memutusakan saya mencalonkan wakil bupati, Insya Allah saya tidak bersedia, dengan siapapun, tidak hanya dengan Jimmy," kata Deden, Sabtu (9/5/2015) siang di kediamannya.

Alasannya, sambung Deden, dia punya visi-misi secara utuh yang belum tentu calon bupati akan bisa menerimanya. Sebab, sesuai pengalaman yang dia dengar dan dilihat di beberapa daerah termasuk di Karawang,  bupati dan wakilnya sering terjadi pecah kongsi, sebab porsi wakil bupati yang terbatas kewenangannya.

Jika tidak direkomendasi oleh DPP PDI Perjuangan dia jadi calon bupati, maka kader PDI Perjuangan yang gagal nyalon DPR RI kemarin ini akan menyatakan mundur di Pilbub tahun ini.

"Saya tetap ingin mencalonkan bupati, bukan wakil bupati," tandasnya.

Dengan demikian, jika Jimmy bersedia mau menjadi wakilnya dengan ikhlas, maka Deden akan memperjuangan supaya mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan pasangan Deden-Jimmy. Namun, kata Deden, Jimmy malah mengajak tarung untuk bersaing selama bulan Mei ini, diantara Jimmy dan Deden yang elektabilitasnya tinggi selama sebulan ini, maka dia akan menjadi bupati.

"Jimmy malah mengajak tarung, siapa yang elektabilitasnya tinggi, maka dia yang akan jadi bupatinya. Sebenarnya ada kekhawatiran dalam diri saya ketika punya keinginan besar jadi calon bupati, saya khawatir punya penyakit Waham Kebesaran atau penyakit kejiwaan itu, tetapi ini adalah pilihan saya untuk bisa menyampaikan visi dan misi secara untuh untuk Karawang kedepan," kata Deden.

Diceritakannya, Jumat (8/5/2015), dari 9 bakal calon bupati yang mendaftar ke PDI Perjuangan Karawang, hanya 5 yang hadir atas panggilan DPP PDI Perjuangan di DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat di Bandung, yaitu Deden Darmansah, Ahmad Marjuki, Ahmad Jimmy Zamakhsyari, Karda Wiranata dan Asep Dadang Kadarusman. Sedangkan yang tidak hadir yaitu Yeni Herlina, Ace Abdurahman, Asep Agustian dan Sutejo.

Kelima bakal calon bupati tersebut ditest dan diwawancara oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto dan Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga, yang juga anggota DPR RI, Syukur Nababan. Hasil test kelima bakal calon tersebut akan disampaikan dalam rapat pleno DPP PDI Perjuangan.

"Partai belum final memutuskan calon bupati dan wakil bupati Karawang. Kita akan menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri yang akan diumumkan pada Juni mingggu pertama," kata Deden.

Semenatar itu, ketika penulis menghubungi Ahmad Jimmy Zamakhsyari untuk meminta pendapat soal persaingan kursi bupati dengan Deden Darmansah, dia menyatakan tidak bisa diwawancara sementara ini, sebab sibuk keliling bertemu dengan masyarakat di acara sosialisasinya sebagai bakal calon bupati. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -