Bidan Desa di Sukaharja Diberi Edukasi Tentang Autis

KARAWANG, KarawangNews.com - Yayasan Sosial Rumah Autis Karawang mengadakan sosialisasi dan edukasi tentang memperlakukan dan mendidik anak berkebutuhan khusus dengan tema 'Deteksi Dini' di aula Kantor Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Jumat (8/5/2015) pagi.

Dalam sosialisasi tersebut, yang menjadi peserta adalah kader posyandu dan para bidan yang bertugas di desa Sukaharja. Pengisi materi, Mia mengatakan, masih banyak kader posyandu dan bidan desa di Karawang minim pengetahuan tentang cara memperlakukan anak autis dan berkebutuhan khusus lainnya.

"Masih banyak kader posyandu dan bidan desa yang minim pengetahuan, untuk itu kami dari Rumah Autis Karawang berinisiatif memberikan sosialisasi kepada para kader posyandu dan bidan desa tentang autis dan anak berkebutuhan khusus," katanya.

Terbukti, pada sosialisasi di Desa Sukaharja tersebut, kata Mia, masih banyak kader posyandu dan bidan Desa Sukaharja yang minim pengetahuan tentang autis dan anak berkebutuhan khusus.

"Dari beberapa pertanyaan, menunjukkan bahwa masih banyak bidan dan kader posyandu yang belum banyak mengetahui tentang autis dan anak berkebutuhan khusus, diharapkan sosialisasi ini bisa memberikan edukasi bagi kader posyandu dan bidan desa," tuturnya.

Dikatakannya, dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh kader posyandu dan bidan desa, ternyata masih banyak orangtua yang belum menerima ketika dikaruniai anak autis atau berkebutuhan khusus.

"Masih ada laporan orangtua yang memiliki anak autis dan berkebutuhan khusus memperlakukannya dengan cara dikerangkeng seperti binatang, tentu itu adalah perlakuan yang tidak baik, anak autis dan berkebutuhan khusus itu bukan binatang yang diperlakukan seperti itu," ucapnya.

Diharapkannya, telah dilakukannya sosialisasi tersebut, kader posyandu dan bidan desa dapat menyebarluaskan informasi yang didapatkan kepada orangtua yang memiliki anak autis dan berkebutuhan khusus.

"Adapun bila ada anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Karawang, terutama di Desa Sukaharja, agar dapat segera ditindaklanjuti, agar anak tersebut dapat tertangani dengan cepat. Atau bisa ke Rumah Autis Karawang," paparnya.

Rumah Autis Karawang, bertempat di Perumnas Bumi Telukjambe Blok T No. 10. Selain itu, Rumah Autis Karawang juga melayani melalui telepon dengan nomor 085719919307. (yun)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -