Wapres Jusuf Kalla Batalkan Pembangunan Pelabuhan Cilamaya

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Presiden RI Jusup Kalla, Kamis (2/4/2015) pagi memantau dari udara dengan helikopter lokasi pantai Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran yang akan dijadikan pelabuhan. Kunjungan Wapres JK didampingi sejumlah menteri kabinet kerja dan PT Pertamina.

Usai melakukan pantauan udara di area rencana pembangunan pelabuhan tersebut, Wapres member kesimpulan dan memutuskan untuk membatalkan rencana pembangunan pelabuhan di daerah tersebut.

Beberapa pertimbangan gagalnya pelabuhan dibangun di kawasan tersebut, karena ada kegiatan aktif penambangan minyak dan gas di lepas pantai Cilamaya, ini menjadi alasan kuat pembatalan pembangunan pelabuhan tersebut.

“Jika dipaksakan pembangunan pelabuhan di Cilamaya, akan sangat membahayakan, kapal yang masuk bisa saja menabrak anjungan penambangan lepas pantai, sehingga sangat riskan bagi keselamatan,” kata Jusuf Kalla, kepada wartawan.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan harus berada di wilayah yang aman, begitu pun industri minyak dan gas harus berada di wilayah yang aman.

Sehingga kesimpulan Jusuf Kalla, rencana pelabuhan tetap harus berjalan secepat-cepatnya, tapi lokasinya bergesar di daerah yang aman, yaitu sekitar 30 km ke timur dari yang direncanakan semula, yaitu sekitar perbatasan Kabupaten Karawang dan Subang.

“Area yang di depannya tidak banyak anjungan, ini sebagai jalan tengah diputuskan pembatalan rencana pembangunan pelabuhan di Cilamaya,” kata Wapres. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -