Sri Rahayu Terpilih Menjadi Ketua Baru KPPI Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Ketua DPRD I Kabupaten Karawang, Sri Rahayu Agustina terpilih menjadi Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Karawang periode 2015-2019. Terpilihnya Kader Partai Golongan Karya (Golkar)setelah mampu mengungguli rivalnya Lia Sobariyah, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dikatakan oleh Wakil Ketua I KPPI Karawang periode 2010-2014, Yati Mulyati, dalam Musyawarah yang dilaksnakan di DPRD Kabupaten Karawang, Sabtu malam (19/4/2015) itu telah menunjukkan kemajuan perempuan Karawang yang berkiprah dalam dunia politik. Pasalnya, dalam kesempatan itu terdapat lebih dari tiga calon yang siap untuk menahkodai KPPI Karawang.

“Banyak calonnya, ada tujuh orang. Tapi terakhir, tinggal Bu Sri Rahayu dan Bu Lia Sobariyah. Akhirnya, Bu Sri Rahayu yang dimandati untuk memimpin KPPI Karawang dalam empat tahun kedepan,” ungkapnya. Senin (20/4/2015).

Diharapkan Yati, kepengurusan baru KPPI Karawang dapat melakukan kreatifitas dan inovasi gerakan pemberdayaan bagi Sumber daya manusia khususnya perempuan di bidang politik. Sehingga, dalam masa perjalanan berikutnya, peran perempuan cukup diperhitungkan.

“Kami harapkan, KPPI ke depan dapat melakukan pemberdayaan SDM perempuan, sehingga mampu meloloskan perempuan di lembaga legislatif lebih dari kuota 30 persen.Tentunya ini butuh kerja keras, dengan berbagai aktifitas yang bisa mendekatkan diri dengan masyarakat,” imbuh perempuan yang juga Ketua Dewan Kesenian Karawang (DKK) ini.

Yati yang selama satu periode ini menjadi pelaksana harian menyatakan kesediaannya untuk tetap ikut membantu membesarkan KPPI Karawang. Pihaknya berharap, agar kepengurusan baru bisa mensinergikan dengan program dan kebijakan daerah dalam melakukan pemberdayaan perempuan.
Sementara itu, Ketua terpilih Sri Rahayu Agustina mengatakan hal yang tak jauh berbeda.

Pihaknya menyatakan, akan melakukan eksplorasi potensi perempuan Karawang sehingga mampu berperan penting dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Karawang.

“Setidaknya, Kami akan lakukan optimalisasi potensi perempuan agar eksistensinya cukup diakui. Banyak hal yang harus kita lakukan dengan program pemerintah daerah. Ini tentunya butuh sinergi dan kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Sri, untuk memenuhi atau bahkan melampaui keterwakilan perempuan di legislatif, tentunya dibutuhkan kerja keras bagi seluruh kader partai. Dalam hal ini, kata ini, kaum perempuan harus memaksimalkan untuk selalu berinteraksi sekaligus melakukan advokasi terhadap persoalan yang muncul di masyarakat, terutama dalam hal Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Kita juga akan melakukan kerjasama dengan lembaga yang konsens di bidang hukum. kita akan lakukan advokasi terhadap kasus KDRT dan juga upaya perlindungan bagi anak-anak. Ini sangat penting, karena perempuan dan anak-anak seringkali menjadi korban dari kasus tersebut. dan seringkali pula, sebagai korban, mereka enggan untuk melangkah ke jalur hukum,” terang wakil rakyat dapil Karawang 1 ini.

Terakhir dikatakan Sri Rahayu, pihaknya juga akan melakukan dorongan terhadap perempuan Karawang agar dapat berperan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Program ini, kata dia akan diarahkan dengan melakukan pemberdayaan ekonomi riil bagi perempuan Karawang sehingga mampu membantu pendapatan keluarga.

“Kami juga akan berupaya melakukan pemberdayaan ekonomi rumah tangga. Istri kami harapkan mampu ikut memberikan kontribusi dalam memnuhi kebutuhan rumah tangga. Harapan kami, masyarakat Karawang mengalami peningkatan taraf hidup,” pungkasnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -