Paten dan BPJS Sinergiskan Pelayanan Kesehatan

KARAWANG, KarawangNews.com - Momentum kegiatan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Karawang turut disinergiskan dengan kehadiran pihak BPJS Kesehatan. Dengan dilengkapi mobil pelayanan khusus, BPJS Kesehatan Kabupaten Karawang membuka stand pelayanan bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, di Kantor Kecamatan Kotabaru, Rabu (15/4/2015).

Di dalam layanan tersebut, masyarakat dapat mendaftar untuk menjadi peserta BPJS, khususnya untuk pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau pekerja mendiri. Dalam hal ini, peserta perseoranga wajib mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya dalam program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Adapun persyaratan-persyaratan yang diperlukan guna melakukan pendaftaran adalah mengisi formulir daftar isian peserta, melampirkan pas foto masing-masing 1 lembar, melampirkan fotokopi KTP dan kartu keluarga, melampirkan surat keterangan domisili dari kelurahan apabila alamat tinggal berbeda dengan alamat yang tercantum dalam KTP, memperlihatkan asli Kartu Ijin Sementara atau Tetap (Kitas/Kitap) apabiila merupakan warga negara asing, serta melampirkan nomor rekening dan fotokopi buku tabungan.

Kartu BPJS Kesehatan akan berlaku dalam 7 hari setelah masyarakat melakukan pembayaran iuran pertama.  Apabila telah menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka masyarakat akan mendapatkan manfaat yang menjadi hak peserta dan/atau anggota keluarganya untuk memperoleh jaminan kesehatan yang bersifat komprehensif.

Jaminan kesehatan tersebut antara lain pelayanan kesehatan pertama berupa rawat jalan tingkat pertama (RJTP) dan rawat inap tingkat pertama (RUTP), Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan berupa Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) dan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), Pelayanan Persalinan, Pelayanan Kegawatdaruratan, Pelayanan Ambulans bagi pasien rujukan dengan kondisi tertentu antar fasilitas kesehatan, Pemberiaan Kompensasi Khusus bagi peserta di wilayah tidak tersedia fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat.

Manfaat Jaminan yang diberikan kepada para peserta BPJS Kesehatan diberikan dalam bentuk pelayanan kesehatan yang bersifat menyeluruh (komprehensif) berdasarkan kebutuhan medik sesuai dengan standar pelayanan medik. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -