KPK Temui Sejumlah Pejabat Pemkab Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemui sejumlah pejabat teras Pemkab Karawang di kantor bupati, Kamis (9/5/2015). Pertemuan tertutup ini, KPK melakukan konfirmasi terkait alih fungsi lahan di Karawang. Konfirmasi ini dilakukan KPK, karena banyak laporan masyarakat terkait alih fungsi lahan pertanian menjadi kawasaan perumahan dan industri.

Tim KPK yang dipimpin Kepala Divisi Litbang, Deputi Pencegahan, Lutfi.G Sukardi  ini mempertanyakan alih fungsi lahan seluas 1,9 ribu hektar dan 11 hektar, pertanyaan itu ditujukan kepada sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  seperti Kepala Bapeda Eka Sanata,  Kepala BPMPT Asikin dan juga Kepala Dinas Pertanian Kadarisman.

Kehadiran KPK ke Kantor Bupati Karawang menimbulkan spekulasi lembaga anti rasuah ini sedang melakukan pengembangan terkait kasus yang menjerat mantan Bupati Karawang, H Ade Swara dan istrinya Nurlatifah saat ditangkap KPK dalam kasus dugaan pemerasan penerbitan SPPR. Nasib pasutri ini tinggal menunggu vonis majelis hakim pada Rabu (15/4/2015) depan.

Namun hal itu dibantah Kepala DPPKAD, Mawardi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut. Kata dia, KPK hanya memberikan informasi sekaligus memberikan penegasan, apabila Perda Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) ditetapkan, maka jangan sampai dilanggar dengan melakukan alih fungsi lahan teknis pertanian.

"Saya setuju dengan kedatangan KPK, mungkin karena kejadian kemarin, akhirnya Karawang jadi pilot project, bersamaan dengan daerah Gunungkidul dan Temanggung," kata Mawardi, kepada wartawan.

Persoalan alih fungsi lahan, sambung Mawardi, memang merata menjadi persoalan di beberbagai daerah. Makanya ketika Karawang menjadi proyek percontohan perlu didukung semua pihak.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Kadarisman menyatakan, KPK dan OPD hanya membahas soal alih funngsi lahan pertanian. KPK  mencoba melakukan  pencegahan terkait alih fungsi lahan, tidak ada hal lain. (spn/*)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -