Karawang Tuan Rumah Lomba Kompetensi Siwa SMK se-Jawa Barat

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melaksanakan Lomba Kompetensi Siswa SMK se-Jawa Barat tahun 2015 di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang, acara empat hari 27-30 April ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, DR. H. Asep Hulman. Lomba tingkat SMK se-Jawa Barat ini digelar bergilir tiap tahu di sejumlah kabupaten/kota dan Karawang jadi tuan rumah lomba kelompok teknologi, sedangkan Kabupaten Subang untuk kelompok pertanian.

"Lomba ini untuk mempromosikan perkembangan kualitas performa kerja siswa SMK dan meningkatkan citra SMK di Jawa Barat, juga memicu peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran di SMK, sesuai dengan tuntutan dunia kerja, serta mencari siswa yang unggul dan berprestasi untuk menjadi wakil Provinsi Jawa Barat ke tingkat nasional,” kata Asep Hulman.

Diketahui, mata lomba pada kelompok teknologi ini sebanyak 18, yaitu automobile technology, industrial control, chemistry, welding, production  machine, electrical instalation, bricklaying, joinery, wall and floor tilling, grapich design technology, IT/software application, CADD networking support, web design, animation dan electronic application.

Pesertanya adalah siswa–siswi SMK terpilih dari masing masing kabupaten/kota se-provinsi, mereka mengirimkan satu tim perwakilan pada setiap mata lomba yang diikutinya. Jumlah seluruh peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 332 orang, pembimbing 318 orang. Sementara, juri berasal dari akademisi, profesional dan praktisi yang berpengalaman sesuai dengan bidang keahliannya yang berjumlah 57 orang.

Tujuan lomba ini untuk memenangkan persaingan merebut pasar kerja di era globalisasi bagi tamatan SMK di Jawa Barat, sehingga sekedar menguasai kemampuan teknis dan mengerjakan sesuatu sesuai dengan bidang keahliannya, tetapi perlu dibekali oleh kemampuan generik agar bisa berkomunikasi secara efektif, berfikir kritis, merancang strategi pemecahan masalah, bekerja dalam kelompok disamping bekerja mandiri, toleran terhadap perbedaan, serta mampu memanfaatkan teknologi dan informasi yang ada untuk memfasilitasi penyelesaian tugas–tugasnya.

Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana yang hadir di pembukaan itu menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memupuk dan peningkatan kualitas para pelajar secara menyeluruh, juga sebagai evaluasi dan alat ukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan pengembangan dan optimalisasi potensi yang dilaksanakan di sekolah.

"Dengan kegiatan ini kita dapat melihat sejauh mana para pelajar dapat menerapkan ilmu yang mereka peroleh, sekaligus sebagai indikator tingkat daya nalar, serta indikator untuk mengukur keberhasilan para pembina atau pendidik dalam menyampaikan materi," imbuhnya. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -