Hari Pertama, 22 Peserta yang Hadiri UN Susulan Paket C

KARAWANG, KarawangNews.com - Dari 456 hanya 22 peserta Ujian Nasional (UN) Paket C yang ikut ujian susulan, Senin (20/4/2015) di SMK Pertanian Karawang. Keterangan dari sejumlah Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM), sebanyak 434 yang tidak ikut susulan ini mayoritas tidak mendapat ijin dari tempat mereka bekerja.

Dijelaskan Kabid PNFI Diadikpora Karawang, Amid Mulyana SE, pihaknya sudah meminta kepada PKBM agar mengikutsertakan peserta ujian yang tidak ikut UN utama supaya mengikuti UN susulan. Namun, upaya itu tidak bisa dilaksanakan, sebab para peserta UN Paket C yang mayoritas pekerja pabrik ini tidak mendapat ijin mengikuti ujian dari manajemen perusahaanya.

"Penyebab utamanya, karena sebagian besar tidak diijinkan oleh manejemen tempat mereka kerja," jelasnya, Senin sore, di tempat kerjanya.

Diakuinya, setiap tahun tingkat kehadiran UN Paket C sekitar 70 persen, sisanya tidak ikut karena tidak mendapat mengikuti UN oleh perusahan tempatnya bekerja.

"Tidak mendapat ijin dari perusahaan ini merupakan hal klasik yang terjadi setiap tahun," ujarnya.

Mensikapi tingginya aka ketidakhadiran yang disebabkan sulitnya ijin dari perusahaan, dinas pendidikan akan memfasilitasi langsung dengan mengirimkan surat dispensasi atau surat ijin itu dikirim langsung ke pihak manajemen perusahaan oleh dinas pendidikan.

Pada UN susulan hari pertama ini, panitia ujian telah menyiapkan tiga kelas sesuai dengan jumlah yang diterima dari PKBM sebanyak 45 orang yang akan ikut susulan, ternyata yang hadir hanya 22 peserta.

Namun begitu, tiga kelas tersebut tetap digunakan dengan kapasitas peserta antara 5-10 orang per kelas, dengan pengawasan ketat dari dinas pendidikan. UN susulan ini dilaksanakan selama 4 hari, 20-23 April 2015 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Pendidikan Kewargan Negaraan (PKN). (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -