GP Ansor Gelar Diklatsar Banser Pertama di Kotabaru

KARAWANG, KarawangNews.com - Puluhan anggota Banser (barisan Ansor Serbaguna) se Kabupaten Karawang mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser. Kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Al Amin, Desa Pangulah Baru itu merupakan Diklatsar Banser pertama dalam periode kepengurusan Ade Permana.

Ketua PAC Ansor Kotabaru, Nana Nuryadin menyampaikan, kegiatan Diklatsar Banser tersebut diharapkan akan mampu menciptakan generasi Banser yang militan terhadap organisasi Ansor dan NU sebagai organisasi induknya.

"Karena dengan semakin tinggi militansi Banser terhadap organisasi, akan semakin kuat untuk memperjuangkan nilai-nilai Aswaja," ujar Nana, Minggu (20/4/2015).

Bukan hanya itu, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa membentuk pribadi banser yang tangguh, kuat disetiap medan, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk perkembangan kehidupan bermasyarakat. Terlebih menghadapi perkembangan global yang semakin cepat seperti saat ini.

Menurutnya Karawang merupakan salah satu kabupaten tujuan kaum urban untuk bisa menjalankan roda kehidupan. Sehingga dibutuhkan Banser yang kreatif dan inovatif untuk bisa memberikan dampak positif atas perkembangan daerah.

"Pelatihan ini tentu menjadi bekal mereka untuk selalu siap dalam kondisi dan situasi apapun, karena didalamnya juga disampaikan materi-materi yang sangat relevan dengan perkembangan saat ini," imbuhnya.

Pemateri yang menyampaikan dalam kegiatan tersebut juga meraka yang kapabel dibidangnya, mulai dari materi bela negara, keagamaan yang identik dengan aswaja, sosial kemasyarakatan, latihan keterampilan baris berbaris (LKBB).

"Selain materi ada halang rintang, yaitu pelatihan menaklukan medan untuk bisa menunjukan semangat juang yang tinggi atas pembelaan terhadap agama dan negara," tandasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan tersebut juga dalam rangka mempererat tali silaturahim antar Pengurus Anak Cabang (PAC). Termasuk mempererat hubungan dengan organisas/badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang ada, seperti dengan IPPNU, IPNU, Muslimat, Fatayat dan dengan pengurus NU nya sendiri.

"Dengan digelarnya kegiatan diklatsar, kami berharap akan lebih memperat hubungan antar organisasi banom NU Karawang," ujarnya.

Bukan hanya itu, dia juga berharap semakin solidnya organisasi, bisa merealisasikan dengan baik tujuan organisasinya itu sendiri, sehingga dengan adanya sambung rasa antar pengurus juga bisa menghasilkan terobosan-terobosan baru agar Ansor benar-benar bisa dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat.

"Semoga para peserta mampu melaksanakan roda organisasi sesuai dengan aturan. Dan menjadi amal ibadah untuk kita semua," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Karawang, Ade Permana. Pihaknya menyampaikan, kegiatan Diklatsar Banser merupakan kegiatan yang wajib dilakukan karena untuk mendidik para kader Ansor menjadi pribadi berkarakter baik dan sesuai dengan aturan organisasi.

"Ini kegiatan yang wajib ada dalam setiap kepengurusan. Kegiatannya juga harus digelar di pondok pesantren, untuk menunjukan bahwa kehadiran kita adalah untuk mendukung para ulama, menjaga, dan menjadi bentengnya ulama dan pesantren," pungkasnya. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -