Dadang S. Muchtar Tekankan Pentingnya Pancasila

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota DPR RI, Dadang S. Muchtar menekankan supaya guru kembali memperkenalkan Pancasila kepada pelajar lebih dalam. Sebab, saat ini dia melihat di dinding sekolah jarang terpampang Pancasila. Ini ditegaskannya pada kegiatan reses, sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Sabtu (18/4/2015) di aula Diklat Pemkab Karawang, Jln. Ceremai, Karangpawitan, Karawang Barat.

Dijelaskannya, Pancasila ini disusun secara hierarki dan piramida. Pada sila pertama menjadi landasan utama sila kedua, ketiga, keempat dan kelima. Jika landasannya pada sila pertama yaitu 'Ketuhanan Yang Maha Esa' dilakukan dengan baik, maka akan timbul kemanusiaan seperti tercantum dalam sila kedua, 'Kemananusiaan yang Adil dan Beradab'.

"Pancasila ini dibuat dengan begitu hebat oleh pendahulu kita," jelasya.

Selanjutnya, jika sila kedua dilakukan, maka akan muncul rasa senasib seperti sila ketiga 'Persatuan Indonesia' dan jika ada masalah akan bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat seperti sila keempat 'Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, Dalam Permusyawaratan Perwakilan', sehingga bangsa ini akan menemui keadilan seperti sila kelima "Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia'.

Mantan Bupati Karawang ini meminta kepala sekolah bisa menyampaikan arti dan makna Pancasila yang baik kepada semua pelajar. Dia juga meminta agar sekolah memahami 4 pilar kebangsaan bangsa dengan baik.

Acara reses ini dihadiri seluruh kepada sekolag negeri-swasta se-Kabupaten Karawang. Acara dimulai pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB.

"Kalau Saan Mustopa mensosialisasikan 4 pilar kebangsan kepada pelajar, saya sekarang kepada gurunya," kata Dadang S. Muchtar. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -