Cellica: Bantu Koperasi Rp 1,3 Milyar, Itu Kecil

KARAWANG, KarawangNews.com – Plt Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana siap membantu permodalan bagi Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kabupaten Karawang. Itu diungkapkan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) PKPRI Karawang tahun buku 2014, Rabu (7/4/2015) siang di Resto Alam Sari, Jln. Interchange, Karawang Barat.

"Saya kira ratusan miliar, ketika saya dengar koperasi Bekasi dapat bantuan dari pemerintah kabupaten cuma Rp 1,3 milyar selama tiga tahun, itu kecil. Saya akan bantu, asalkan dana ini jelas dan untuk kesejahteraan masyarakat Karawang," ucapnya.

H. Warman (kiri) dan Cellica.
Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Karawang akan membantu PKPRI Karawang agar bisa menjadi koperasi besar, karena ini adalah induknya koperasi se-kabupaten. Dengan begitu, dia menyatakan ada regulasi kuat penyertaan modal untuk PKPRI dari pemerintah daerah. Kata dia, regulasi itu akan dia pertanggungjawaban agar koperasi di Karawang bisa jadi yang terbaik.

Ungkapan Cellica ini menanggapi pernyataan Ketua PKPRI Kabupaten Karawang, H. Riana Suryana SE dalam pidatonya. Kata Suryana, Kabupaten Bekasi koperasinya semakin besar, bahkan sering studi banding ke luar negeri.

"Secara pengelolaan tidak ada bedanya, untuk itu kami ingin mencontoh, sebab  Bekasi selalu mendapat suntikan dana hibah dari pemerintah kabupaten hingga Rp 1,3 milyar," kata dia.

Dengan begitu, PKPRI Kabupaten Karawang berkeinginan seperti PKPRI Bekasi, bahkan bisa lebih jika Pemkab Karawang bisa memberikan suntikan modal tersebut. Ini supaya koperasi Karawang berprestasi di tingkat provinsi dan nasional.

Sementara itu, Ketua Gabungan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKPRI) Jawa Barat, DR. Endang Suwarna menyatakan, ada beberapa kabupaten yang mendapat perhatian dari bupati dan ada juga yang tidak, sedangkan GKPRI provinsi sudah mendapat bantuan dari gubernur. 

"Memang tiap kabupaten beda, tetapi PKPRI Karawang mengalami progress selama tiga tahun ini, dibanding tahun sebelumnya dan Kabupaten Karawang masuk dalam 10 besar PKPRI se-Jawa Barat," jelasnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang, H. Warman SE, menyatakan, bantuan itu memang kewajiban pemerintah sesuai dengan Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, pada pasal 60-63 menyebutkan, pemerintah mempunyai kewajiban memberikan bantuan, bimbingan, perlindungan dan kemudahan bagi koperasi.

"Untuk itu, kami sangat apreasiasi terhadap apa yang disampaikan Plt. Bupati Karawang akan mengikuti jejak Kabupaten Bekasi, akan memberikan bantuan permodalan kepada PKPRI Karawang, dalam upaya mendorong koperasi supaya lebih kuat," jelasnya.

Apalagi saat ini ada Peraturan Daerah (Perda) koperasi yang mengatur hal itu. Namun, teknis pemberiannya secara selektif saja. Kata dia, ada dua jenis permodalan yang dapat diberikan kepada koperasi, pertama yaitu hibah bantuan keuangan dan kedua bentuknya berupa penyertaan. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -