Bosan Dicemari Limbah, Pertamina Didesak Beli Sawah Petani

KARAWANG, KarawangNews.com – Sudah jenuh selalu dicemari limbah yang diduga dari PT Pertamina, sejumlah warga di Desa Linggarsari, Kecamatan Cilamaya Kulon meminta PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang membeli lahan sawah milik mereka. Pasalnya, pencemaran itu sudah sangat mengganggu produksi padi yang selalu gagal panen.

Seperti diungkapkan seorang pemilik sawah, Asep (37) saat audiensi antara pemilik lahan di desanya dengan PT Pertamina EP 3 Field Subang di aula Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH), petani sudah bosan selalu menuntut ganti rugi kepada Pertamina, sebab produksi panen mereka selalu gagal akibat tercemar limbah yang diduga disebabkan Pertamina.

Para petani di desa itu beranggapan, rusaknya tanaman padi mereka akibat terkena limbah dari aktivitas pengurasan minyak PT Pertamina EP yang berada di lokasi tersebut. Jenis limbah itu diantaranya limbah cair, limbah dari tanah padat serta limbah dari tanah lumpur.

Untuk memastikan hal ini, pada Rabu (1/4/2015), BPLH Karawang mengambil contoh limbah tersebut lagsung dari sawah milik warga setempat. Kemudian, dalam audiensi ini dipertemukan antara pemilik sawah, kepala desa dan PT Pertamina.

Dalam pertemuan itu, pemilik sawah meminta kepada pihak PT Pertamina untuk membeli lahan pertanian mereka, disbanding harus mencari solusi agar limbah dari Pertamina tidak lagi mencemari sawah.

"Meskipun ini bukan limbah B3, tapi tetap saja limbah ini tidak boleh sampai mencemari lingkungan, akibat limbah dari PT Pertamina ini lahan sawah menjadi rusak dan tidak bisa menghasilkan panen," kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal), Hj. Neneng Junengsih SH. MH.

Sementara, BPLH masih memproses terkait sanksi yang akan diberikan kepada Pertamina. Namun begitu, BPLH mengancam, jika Pertamina tidak menggubris peringatan yang diberikan BPLH, maka BPLH akan mengeluarkan sanksi.

“Karena mereka (Pertamina, red) sudah merusak dan mencemari sawah yang harusnya terlindungi," kata Neneng. (yun)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -