TNI se-Jawa Barat Dilatih Bertani di Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com – Selain menjaga ketahanan dan keamanan nasional, pada Rabu (18/3/2015) ratusan personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) se-Jawa Barat dilatih bertani di Karawang, ini upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

Dijelaskan, Letnan Kolonel S. Tonda didampingi pelatih pertanian Yos Karlim, TNI saat ini mempunyai tugas baru, yakni menjaga ketahanan pangan nasional Indonesia, peran baru TNI ini diawali dengan pelatihan-pelatihan teori cara bertani, mulai cara menanam padi, jagung dan sejumlah sayuran.

Pelatihan bertani ini menjadi agenda wajib TNI dalam upaya mendukung pemerintah dan menjaga ketahanan pangan nasional. Pelatihan ini dikiuti oleh puluhan anggota TNI se-Jawa Barat dari masing-masing satuan yang bermarkas di wilayah Jawa Barat.

Kata S. Tonda, masing-masing anggota TNI yang dilatih ini akan menularkan ilmunya tersebut ke anggota lainnya, TNI yang dilatih ini akan menjadi tutor di kesatuannya.

“Setelah mendapatkan pelatihan ini, para nggota TNI di wajibkan langsung mempraktekanya,  mulai dari pemanfaatan lahan-lahan kosong sekitar rumah hingga lahan tidur yang berada di sekitar markas TNI tempat mereka tinggal,” kata dia, menyebutkan jenis tanaman yang ditanam bisa disesuaikan dengan kondisi dan tekstur tanah.

Upaya TNI ini untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional. S. Tonda berharap bisa membantu pemerintah dalam merealisasikan program swasembada pangan. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -