Tahun 2017 Ditargetkan Karawang Bersih Sampah

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang mentargetkan Karawang bersih sampah tahun 2017, yaitu dengan memperluas TPS Jalupang dari 6 Ha menjadi 8 Ha, termasuk menyediakan mesin incenerator pendaur ulang sampah plastik menjadi bio solar.

Dijelaskan Kepala Dinas Cipta Karya Karawang, Drs. Dedi Ahdiyat, Rabu (11/3/2015), tahun ini Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang di Cikampek telah direkondisi dan sudah membeli lahan seluas 3 Ha untuk perluasan area pembuangan sampah.

Namun begitu, Dedi mengakui, berapapun luas lahannnya persoalan sampah tidak akan selesai. Untuk itu dia akan melakukan perubahan pola pembuangan sampah dari rumah penduduk, diantaranya dengan menyediakan bank sampah.

Kata dia, penggunaan 3R (reuse, reduce, recycle) hasilnya kurang laku, hingga kini petani enggan menggunakan kompos sampah. Perbandingannya 2 ton kompos sama dengan 2-3 kwintal urea untuk sehektar sawah, jumlah kompos yang besar itu masih jadi kendala bagi petani, dianggap kurang efesien.

“Untuk bank sampah ini, plastik akan menjadi sasaran kita,warga hanya mengumpulkan sampah plastik kering yang bisa dijual untuk kita jadikan bio solar, sehingga sampah itu akan punya nilai ekonomis,” jelasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -