SMPN 1 Tirtajaya Canangkan 'Green School'

KARAWANG, KarawangNews.com - Sekolah yang hijau dan bersih tentu akan memberi kesan indah bagi warga sekolah, kenyamanan seperti ini yang sedang diwujudkan SMPN 1 Tirtajaya. Seperti diungkapkan kepala sekolahnya, Cartono M.Pd, dia berkeinginan menata sekolahnya menuju 'green school'.

Kata Cartono, setelah melirik SMPN 1 Cempaka, Kabupaten Purwakarta yang telah memperoleh adiwiyata tingkat nasional, pihaknya langsung melakukan penataan taman dan pengelolan sampah. Diakuinya, 'green school' ini indikatornya sekolah yang bersih dari sampah dengan taman yang tertata rapi, sehingga pelajar nyaman untuk belajar.

"Ini gagasan kita untuk menciptakan 'green school', kemudian kita cari sekolah percontohan, kebetulan SMPN 1 Cempaka sudah mendapat adiwiyata tingkat nasional. Saat ini pun kita koodinasi dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) untuk menuju 'green school'," jelasnya.

Diakuinya, di Karawang belum ada konsep 'green school' yang digagas sekolah sendiri, selama ini penghijauan sekolah banyak dilakukan oleh perusahaan ke sekolah sebagai bentuk CSR (corporate social responsibility) bukan keinginan sekolah.

"Kalau mereka sudah dewasa, maka akan tertanam dalam diri pelajar untuk hidup bersih dan menjaga lingkungan. Jangan sampai Karawang yang saat ino menuju kota industri, tetapi tidak diimbangi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa menjaga lingkungannya," kata dia.

Meski begitu, sambung Cartono, untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan kepada 1.771 siswa sangat berat, tetapi sekolah sudah siap dengan program yang sudah dimulai pelaksanaannya ini. Contoh terkecil yaitu bagaimana agar siswa mau memungut sampah di sekolah, tanpa diperintah guru, tetapi berdasar kesadaran mereka.

"Kita melakukan pembelajaran kepada anak agar gemar menanam pohon, terutama tentang kebersihan, kita juga ajarkan cara pengelolan sampah yang bernilai ekonomis, juga membuat pupuk," ujarnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -