Sebanyak 36,3 Ton Apel Berbakteri Dimusnahkan

KARAWANG, KarawangNews.com - Badan Karantina Kementrian Pertanian Republik Indonesia memusnahakan sebanyak 36,3 ton apel yang positif tercemar bakteri listeria monocytogenes asal Negara Amerika, Jumat (6/3/2015) siang di tempat pemusnahan limbah PT Tenangjaya, Karawang.

Dijelaskan Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian RI, Banun Harpini, pemusnahan apel ini upaya pencegahan wabah bakteri listeria monocygenes yang telah terjadi di California, Amerika Serikat pada Januari 2015 lalu, sehingga Badan Karantina bertindak cepat dengan melakukan penyaringan secara ketat berbagai macam makanan dan buah-buahan ekspor tersebut.

Pada 28 Januari 2015 Badan Karantina Pertanian Tanjungpriok menerima dokumen permohonan  importisasi PSAT apel dari Amerika via Singapore dan ditindak lanjuti pada 30 Januari 2015 dengan pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel untuk pengujian  laboratorium lebih lanjut.

“Dari hasil uji laboratorium itu pada 1 Februari 2015 menujukan apel tersebut positif mengandung bakteri listeriamocygenes yang terdapat di dua kontainer dengan volume 16.841 kilogram dan 19.491 kilogram atau setara dengan 36.3 ton,” kata Banun. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -