Saan Mustopa Tumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Lomba Resensi

KARAWANG, KarawangNews.com - Anggota DPR RI Saan Mustopa mengadakan lomba resensi buku kategori fiksi dan non fiksi bagi semua pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Karawang. Lomba dimulai sejak 7 Maret 2015, bersamaan menyebarkan pamflet yang dilakukan Saan Mustopa Center (SMC) Foundation. Lomba ini ditutup 21 Maret 2015, sekaligus diumumkan pemenangnya.

Bagi pelajar yang mau ikut lomba ini, agar mem-follow twitter pribadi Saan Mustopa, @saanmustopa, sebagai syarat mengikuti resensi. Buku yang diresensi harus diambil dari koleksi perustakaan Saan Mustopa di komplek SMC, Jln.Malaka 1, Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya.

Hadiah lomba ini berupa piagam, piala, sertifikat dan uang pembinaan. Masing-masing ketegori, juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta, juara 2 Rp 750.000 dan juara 3 Rp 500.000.

Dijelaskan Saan Mustopa, lomba resensi ini bertujuan agar pelajar memiliki minat baca. Sebab, minat baca pelajar saat ini masih rendah. Dari minat baca itu, kata dia, akan menumbuhkan semangat untuk belajar dan memiliki komitmen, juga kepedulian. Ini hanya bisa tumbuh melalui membaca.

"Kami kendorong minta baca ini dengan lomba resensi,  ketika tumbuh minat baca, maka wawasan mereka akan berkembang dan terinspirasi hasil dari yang mereka baca, juga akan menumbuhkan pengetahuan dan wawasan, kepedulian mereka pun akan peka," kata dia, saat ditemui di kediamannya, Minggu (15/3/2015).

Diketahui, resensi ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan, memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut. Kemudian sarana promosi buku, sebab buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

Selain itu, manfaat resensi juga untuk mengembangan kreativitas, semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Selain pengumuman pemenang lomba resensi, pada tanggal 21 Maret, akan diadakan latihan 'broadcasting' bagi pelajar dan mahasiswa se-Kabupateb Karawang di SMC, dengan pembicara Raymon Kaya dari SCTV, Geong Rusdinono, Feri Santoro dari RCTI, Abdul Rasyid dari JakTV dan Muhammad Hendra dari TV MUI dengan moderator Kawiyan dan Endira. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -