Ratusan Ha Sawah di Pabuaran Diserang Hama

SUBANG, KarawangNews.com - Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Paburan, Kabupaten Subang terserang hama penggerek batang dengan intesitas tinggi, akibatnya tanaman padi yang baru berusia satu bulan terancam mati dan gagal panen.

Petani di kecamatan ini mengaku pasrah melihat kondisi tanaman padinya diserang  hebat hama penggeerek batang yang menyebabkan tanaman padi kerdil dan menguning.

Beberapa upaya untuk bisa menanggulangi serangan hama penggereka batang sudah dilakukan oleh para petani di wilayah ini, seperti menyemprot dengan pestisida dan upaya lainya, tetapi upaya itu sia-sia.

“Hama penggerek batang terus menggerogoti tanaman padi mulai dari akar hingga batang,” kata petani setempat, Tinggal (46), kepada wartawan, Rabu (11/3/2015).

Luas sawah yang terkena serangan hebat penggerek batang di wilayah Kecamatan Pabuaran ini cukup luas, mencapai puluhan hektar, diantaranya di wilayah Desa Sarengseng, belum lagi di wilayah desa lainya, diperkirakan luas sawah yang terkena serangan penggerek batang mencapai ratusan hektar.

Kerugian akibat serangan hama penggereak batang per hektar mencapai belasan juta rupiah, dengan rincian biaya sewa Rp 9 juta dan biaya operasional mencapai Rp 7 juta. Jika dikalkulasikan seluruhnya , kerugian petani Subang mencapai ratusan juta rupiah. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -