PWI Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com - Merespon perkembangan dunia industri di Kabupaten Karawang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar acara seminar di Aula Husni Hamid, Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang, Selasa (10/3/2015).

Seminar yang bertemakan 'Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Karawang dalam Menghadapi Era Industrialisasi dan Perdagangan Bebas' itu, menghadirkan beberapa orang pemateri, yaitu Prof Senator Nur Bahagia (Kepala PPLSRP ITB), Samsuri (Kepala Bappeda Karawang), Acep Jamhuri (Kepala DBMP Karawang), Setya Darma (Kepala Dishubkominfo) dan AKP Doni Wicaksono (Kasatlantas Polres Karawang).

Dalam kesempatan tersebut, Prof Senator Nur Bahagia memaparkan berbagai persoalan yang menjadi kendala besar bagi dunia industri di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Karawang dan Bekasi. Untuk itu, dia memberikan beberapa solusi yang bisa dijalankan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menghadapi perdagangan bebas.

"Usulan solusi dari saya, yaitu perbaikan infrastruktur transportasi, diantaranya perbaikan jalan akses pelabuhan, jalan tol JORR 1 dilanjutkan ke pelabuhan, jalan kereta api double track dan jalan akses antar kawasan industri," ujarnya.

Ditambahkan dia, dalam menunjang aktifitas pelabuhan yang akan dibangun di Karawang, pihaknya mengharapkan untuk dintegrasikan pembangunan infrastruktur lain. Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah efektifitas dan kelancaran arus saat pelabuhan telah mulai difungsikan.

"Selain itu, harus juga dibangun Inland Port sebagai extended gate pelabuhan Tanjung Priok. Untuk penyelesaian formalitas pabean, terminal container, kartu masuk terminal, weighing, EIR dan CMS. Serta pengaturan transfer container inbound dari dan outbound ke pelabuhan, maupun closing time," ungkapnya.

Sementara itu, saat ditemui usai acara, Ketua Panitia Pelaksana Seminar, Kusnadi mengatakan, seminar sehari tersebut digagas untuk menjawab berbagai persoalan yang muncul di masyarakat, seiring dengan perkembangan dunia industri di Kabupaten Karawang saat ini. Problem ini, diakui atau tidak kata dia, sudah menjadi momok tersendiri yang selalu menghantui masyarakat dalam aktifitas kehidupannya.

"Banjir, kemacetan dan alih fungsi lahan yang terjadi selama ini, menjadi sebuah permasalahan yang harus dipecahkan. Agar ada solusi kongkrit bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, dalam melakukan percepatan pembangunan infrastruktur menghadapi persaingan perdagangan bebas di era industrialisasi," katanya.

Seminar yang diadakan PWI sebagai wujud kepedulian insan pers terhadap kemajuan Kabupaten Karawang tersebut, dihadiri oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), perwakilan kawasan industri di Karawang, perwakilan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Karawang, pengurus organisasi kemasyarakat dan perwakilan dari berbagai media massa di Karawang. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -