Petambak Ikan di Tirtajaya Cemaskan Limbah Pertamina

KARAWANG, KarawangNews.com - Petani tambak ikan dan udang di Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya mendesak perusahaan PT. Pertamina EP Region Jawa Barat segera memperbaiki tanggul saluran air pembuangan limbah produksi yang berlokasi berdampingan dengan aliran sungai Seruni di Dusun Cikeris desa tersebut.

Seorang petambak setempat, Rosadi kepada wartawan,  Kamis (12/03/2015) mengatakan, kondisi fisik tanggul saluran pembuangan limbah PT. Pertamina di desanya   rusak hingga rawan jebol. Bahkan, tanggul saluran air limbah yang berdampingan dengan Sungai Seruni ini sudah lama dibiarkan rusak.

"Kerusakan tanggul saluran pembuang air limbah perusahaan Pertamina ini mencapai 100-150 meter. Kami sebagai petambak semakin resah, khawatir jebol dan menyebabkan pencemaran ke Sungai Seruni, sebab pasokan air ke lahan tambak bergantung pada kualitas air sungai tersebut," jelasnya.

Meski begitu, kerusakan pada tanggul saluran pembuangan limbah produksi migas milik PT. Pertamina belum sampai menimbulkan pencemaran yang menyebabkan gangguan pada produksi udang maupun ikan ke area tambak di Kecamatan Tirtajaya. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan jika terjadi kerusakan tanggul limbah akan menyebabkan rembesan ke Sungai Serani.

Seperti diketahui, produksi budi daya udang di wilayah pertambakan desa tersebut sangat bergatung pada kualitas dan kadar air yang masuk ke lahan tambak
melalui Sungai Seruni. (get)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -