Perayaan Cap Go Meh Akan Padati Jalan Tuparev

KARAWANG, KarawangNews.com - Perayaan Cap Go Meh yang menandakan berakhirnya serangkaian acara Tahun Baru Imlek 2566 akan berlangsung Minggu (8/3/2015). Panitia parayaan tersebut, sudah mulai disibukkan dengan berbagai macam persiapan acara yang rencananya dikunjungi warga etnis Tionghoa dari berbagai daerah.

Ketua Panitia Pelaksana Cap Go Meh, Natala Sumedha mengungkapkan, pihak panitia mulai Sabtu (7/3/2015) sudah mulai menerima tamu luar daerah.

“Yang sudah mengkonfirmasi akan hadir di perayaan besok hari Minggu yaitu dari Purwakarta, Tangerang, Cikarang, Cibarusah, Jakarta, Bekasi, Gombong, Rembang dan Semarang. Untuk dari kota lainnya datangnya Sabtu malam,” ungkapnya.

Kata Natala, dalam perayaan tersebut, nantinya akan dimeriahkan berbagai grup seni dan budaya yang tidak saja grup seni khas Tionghoa. Namun, kata dia, ada musik lokal daerah lain yang ikut menyemarakkan pagelaran tersebut.

“Kalau Barongsay dan Leang-leong pasti. Nanti juga akan tampil musik kenthongan  khas daerah Banyumasan, marching band, barisan bendera merah putih dan bendera Buddhis,” terang Natala yang juga anggota Komisi C DPRD Kabupaten Karawang ini.

Ditambahakan dia, seluruh kesenian budaya tersebut, nantinya akan dikirab melalui jalan-jalan protokol di Karawang.

“Iya, nanti kirabnya mulai dari jalan Tuparev ke Kertabumi, dilanjutkan ke Jalan Niaga dan kembali ke Tuparev,” terangnya.

Menurutnya, seperti yang telah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan Cap Go Meh di Karawang selalu meriah. Tidak hanya kaum keturuan etnis Tionghoa saja yang menikmati atraksi kesenian asal negeri Tiongkok dan kesenian lainnya, tetapi semua elemen masyarakat membaur jadi satu, yang menunjukkan warga Karawang masih tumbuh kebersamaan dan kekeluargaan.

Dengan antusiasnya warga Karawang dan juga dari daerah lain saat perayaan Cap Go Meh di Karawang, pihaknya berharap Pemerintah Daerah Karawang dapat memasukkan dan mengakui sebagai agenda wisata religi. Pasalnya, dengan perayaan ini, Pemda Karawang tentunya mendapatkan kontribusi pendapatan daerah.

“Saya sudah pesan hotel untuk para tamu sejak satu bulan lalu. Tentunya, ini akan menambah PAD Karawang dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitarnya,” kata Natala. (mus)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -