Pemkab Karawang Gelar Musrenbang

KARAWANG, KarawangNews.com - Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten pada Kamis (12/3/2015). Kegiatan yang menjadi hajat besar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang tersebut berlangsung di Aula Husni Hamid, Pemkab Karawang.

Musrenbang akan dipimpin Plt. Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana, serta diikuti oleh para pemangku kepentingan dan kelompok masyarakat di tingkat kecamatan dan desa.

"Musrenbang tingkat kabupaten merupakan lanjutan dari Musrenbang yang dimulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Kita harapkan melalui Musrenbang ini dapat menghasilkan program strategis, program yang prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang ke depan," kata Kepala Bappeda Kabupaten Karawang, Samsuri, S.IP, Rabu (11/3/2015).

Menurut Samsuri, penyelenggaraan Musrenbang diselenggarakan untuk mendapatkan masukan akhir untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merinci kegiatan prioritas pembangunan dan pagu dana berdasarkan fungsi OPD kabupaten, yang akan digunakan sebagai dasar untuk memutakhirkan kebijakan anggaran.

“Pemutakhiran ini termasuk pemilahan informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD II, APBD I, APBN dan sumber dana lainnya,” jelasnya.

Dijelaskannya, Musrenbang merupakan media untuk mendapatkan rincian rancangan awal rencana kerja dan anggaran menurut OPD, khususnya yang berhubungan dengan pembangunan, mensinkronkan agenda dan program prioritas pembangunan provinsi dan nasional yang tertuang dalam rancangan RKP dan RKPD provinsi dengan rencana kerja pemerintah kabupaten

Juga, menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder daerah untuk menetapkan program dan kegiatan daerah, serta rekomendasi kebijakan untuk mendukung implementasi atau kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Karawang, Drs. Pipih Dahpi menambahkan, tema Musrenbang Kabupaten Karawang tahun ini adalah ‘Pembangunan Kabupaten Karawang Dalam Konstelasi Pembangunan Nasional, Pembangunan Regional & Daerah’.

Sebelum Musrenbang tingkat kabupaten diselenggarakan, telah diselenggarakan Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan, serta pembahasan pada forum OPD.

Sementara, kegiatan Karawang Development Expo tanggal 11-12 Maret 2015 merupakan pameran hasil-hasil pembangunan yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -