Pembangunan Terminal Tipe B Terkendala Pembebasan Lahan

KARAWANG, KarawangNews.com – Pembangunan terminal bus tipe B di Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur masih terkendala harga beli lahan warga. Tim apresal hanya merekomendasikan Rp 300 ribu/meter, sedangkan harga pasarannya Rp 700 ribu/meter. Demikian kata Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Karawang, Drs. Dedi Ahdiyat, Rabu (11/3/2015) siang.

Kata Dedi, jika pembebasan lahan itu sudah dilakukan sejak tahun 2011, pihaknya kebagian pengarugan tanah, anggaran pengarugan Rp 9 miliar. Jumlah itu tentu akan membengkak jika dilakukan tahun ini, bisa mencapai Rp 11 miliar untuk biaya pengarugan.

“Tanah yang sudah ada bekas bengkok desa dan kita butuh membebaskan tanah yang di depannya, tetapi sampai saat ini belum terbeli. Tahun ini ada revisi keberatan harga yang telah dilakukan tim apresal,” kata dia.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang memastikan terminal khusus bus tipe B bisa dioperasikan pada tahun 2016.

Pembangunan terminal tipe B sebagai pengganti Terminal Klari itu sebenarnya akan dimulai pada 2013, ditandai dengan pengurugan tanah seluas sekitar 5 hektare di Desa Palumbonsari, tetapi masih kurang 1 hektar lagi.

Seharusnya pembangunan fisik terminalnya sudah dimulai pada 2014, dengan total anggaran mencapai sekitar Rp 60 miliar bersumber dari APBD Karawang dan Pemprov Jawa Barat.

Terminal yang baru itu akan diberlakukan konsep terminal modern dengan pelayanan yang ramah kepada penumpang. Bahkan disiapkan pula ruangan kerja untuk pengujian kendaraan umum dan klinik untuk tes kesehatan sopir bus.

Diantara latar belakang pembangunan terminal tipe B di Desa Palumbonsari ialah karena saat ini Karawang belum memiliki terminal yang memadai.

Kondisi Terminal Klari yang kini menjadi satu-satunya terminal bus di Karawang sudah tidak memadai. Dengan tingkat mobilitas angkutan umum yang cukup tinggi, Terminal Klari yang hanya seluas 1.188 meter persegi dinilai sudah tidak layak lagi. (spn/net)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -