Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Mendesak

KARAWANG, KarawangNews.com - Proyek pembangunan pelabuhan internasional,  seperti dikatakan Sekda Karawang, H. Teddy Rusfendi Sutisna, hampir dipastikan akan dibangun. Hanya saja dari posisi awal di Pelabuhan Cilamaya, posisinya akan bergeser sekitar 1,67 kilo meter.

"Hari ini, Ibu Plt Bupati Karawang sedang melakukan rapat bersama sejumlah kepala daerah dan pihak pemerintah pusat, terkait tata ruang.  Hampir dipastikan akan ada perubahan tata ruang," ujarnya, menjawab pertanyaan sejumlah wartawan, Selasa (10/3/15).

Diketahui, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah  menegaskan bahwa proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya tetap akan jalan terus meski ditentang oleh Pertamina.  Alasannya, pembangunan tersebut  dinilai penting, sebab Pelabuhan Tanjung Priok dinilai sudah terlalu padat.  Juga  akses jalan menuju Tanjung Priok dari kawasan Industri di Cikarang dan Karawang terbilang  jalur macet. Hal ini dinilai membuat arus barang dan orang ke pelabuhan menjadi tersendat.

Sementara itu pihak Pertamina menyebutkan, di area pantai dan Pembangunan Pelabuhan Cilamaya itu terdapat  jaringan pipa dan sumur migas bawah laut Blok ONWJ (Offshore North West Java). Infrastruktur migas inilah yang dikhawatirkan Pertamina bisa menuai musibah apabila sampai tertabrak kapal-kapal besar jika pelabuhan Cilamaya beroperasi.

"Mungkin diambil jalan tengahnya. Proyek Pelabuhan bisa dibangun, tapi jaringan pipa dan sumur migas bawah laut Blok ONWJ tidak terganggu," ungkap Teddy.

Kehadiran pelaburan internasional  di Karawang, tambah Teddy, harus ada nilai tambah bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan masyarakat Karawang.

"Kita persiapkan kemampuan SDM (sumber daya manusia) warga Karawang, agar bisa menduduki posisi berarti bukan hanya jadi pekerja kelas bawahnya saja. Sehingga warga Karawang tidak akan termarjinalkan di tengah berkembang pesat daerahnya," pungkas Teddy. (oca)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -