GMBI: Usir Pertamina, Dukung Pembangunan Pelabuhan Cilamaya

KARAWANG, KarawangNews.com -  Ketua GMBI Distrik Karawang, Muhammad Sayegi Dewa berpendapat, sebaiknya masyarakat dan Pemkab Karawang mengusir PT Pertamina dari Karawang dibanding harus membatalkan pembangunan pelabuhan di Cilamaya.

Hal ini ditegaskan Dewa menyikapi PT Pertamina yang menentang rencana pelabuhan, alasannya pelabuhan akan mengganggu pipa PT Pertamina yang berada di wilayah Cilamaya.

Menurut Dewa, penolakan pelabuhan Cilamaya oleh PT Pertamina selama ini bukan atas dasar kepentingan membangun Karawang, melainkan kepentingan PT Pertamina untuk mempertahankan keberadaan lokasi pipa migasnya. Sementara di sisi lain, masyarakat Karawang tidak pernah mendapatkan keuntungan dan dampak positif dari keberadaan PT Pertamina tersebut.

"Tidak ada alasan yang realistis untuk masyarakat dan Pemkab ketika akan menolak pelabuhan Cilamaya. Alasan yang ada hanya dibuat-buat untuk kepentingan Pertamina sendiri, bukan untuk kepentingan masyarakat. Maka lebih baik usir Pertamina dari Karawang dari pada menolak pelabuhan," tutur Dewa, kepada wartawan, Selasa (17/3/2015).

Mengenai ada sekelompok masyarakat yang melakukan aksi demo ke kantor bupati untuk menolak pelabuhan, pada Jumat (13/3/2015) lalu, Dewa menduga, kelompok tersebut adalah massa bayaran dari PT Pertamina, karena sampai saat ini belum ada masyarakat yang menyatakan sikapnya secara resmi untuk menolak pelabuhan Cilamaya.

"Saya menduga, massa yang demonstrasi kemarin adalah massa bayaran dari Pertamina, kalau memang itu demo murni, ayo kita buktikan bersama-sama, karena banyak anggota kita (GMBI, red) yang berdomisili di wilayah pesisir pantai Karawang. Sampai saat ini saya belum dengar laporan masyarakat yang menolak pelabuhan," katanya.

Kata dia, beberapa kabupaten berebut meminta kepada pemerintah pusat, agar pelabuhan Internasional ini dibangun di daerahnya. Sementara, pemerintah pusat sudah menunjuk Karawang sebagai daerah strategis untuk pelabuhan kedua setelah Tanjungpriok.

"Saya mengajak kepada masyarakat, ayo kita dukung pembangunan pelabuhan Cilamaya. Ayo kita dukung Pemkab dan DPRD Karawang segera membuat dan merealisasikan Perda Pertanian Lahan Abadi, agar pelabuhan Cilamaya juga tidak mengorbankan semua lahan pertanian yang sudah menjadi identitas Karawang sejak dulu,” ungkapnya. (de/spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -