Disdikpora Gelar Popkab & FLS2N

KARAWANG, KarawangNews.com - Senin (30/3/2015), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang membuka Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Stadion Singaperbangsa, pembukaan diawali defile 30 kontingen dari 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pemuda dan Olahraga (PO) Disdikpora Karawang tersebut sebagai bagian dari Kompetisi Olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan sampai ke Tingkat Nasional.

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Karawang, yang juga Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (PO) Disdikpora Karawang, Drs. Rakhmat Gunadi M.Pd mengatakan, masyarakat pelajar merupakan bagian dari pembangunan yang populasinya cukup besar dan memiliki ciri-ciri yang hakiki antara kemurnian, idealisme, berani dan mampu mengambil resiko serta mempunyai fisik yang kuat.

Ciri-ciri tersebut merupakan modal dasar bagi pembangunan olahraga, khususnya bagi para pelajar Karawang. Untuk itu, perlu dibina dengan secara teratur, berencana dan berkesinambungan.


Dikatakanya, melalui acara Popkab dan FLS2N ini diharapkan dapat melahirkan generasi muda usia bakat dan potensial yang siap dikembangkan dan ditingkatkan prestasinya baik di tingkat regional maupun nasional.

“Selain melahirkan atlet-atlet yang berbakat, Kegiatan ini sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlet untuk mewakili kabupaten Karawang pada kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Propinsi Jawa Barat tahun 2015,” katanya.

Kegiatan ini diikuti atlet-atlet pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) yang merupakan utusan resmi dari masing-masing kecamatan untuk SD, Komisariat untuk SMP dan SMA.

“Pelaksanaan O2SN tingkat kecamatan dan komisariat sudah digelar. Saat ini akan dilakukan di tingkat kabupaten,” paparnya.

Lomba yang digelar untuk jenjang SD yaitu atletik perorangan putra dan putri, tenis meja tunggal putra dan putri, bulutangkis tunggal putra dan putri, sepakbola mini beregu putra, catur perorangan putra dan putrid, bola voli mini beregu putra dan putri, pencaksilat putra dan putri, karete putra dan putri, tenis lapang tunggal putra dan putri, sepak takraw beregu putra dan putri, senam sehat anak Indonesia putra dan putri.

Sedangkan untuk jenjang SMP ada 9 Cabor yaitu atletik perorangan putra dan putri, tenis meja tunggal putra dan putri, bulutangkis tunggal putra dan putri, catur perorangan putra dan putri, bola voli beregu putra dan putri, pencaksilat putra dan putri, karete putra dan putri, tenis lapang tunggal putra dan putrid dan bola basket.

Tak hanya itu, cabor yang diperlombakan untuk jenjang SMA yaitu atletik, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, karate dan pencaksilat.


Kata Gunadi, untuk perlombaan FLS2N akan di ikuti oleh jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk tingkat SD ada 10 jenis perlombaan yaitu pidato Bahasa Indonesia, membuat gambar bercerita, menyanyi tunggal, seni tari kreasi baru, kriya anyam, pantomin, melukis, cipta puisi, membatik dan materi tambahan yaitu lomba pupuh.

Sedangkan untuk tingkat SMP, ada 12 cabang seni diantaranya, festival kreativitas seni tari, festival music tradisional, seni baca Al-Qur’an, lomba vocal group, lomba citra cerpen bahasa Indonesia, lomba kreativitas berita bahasa inggris, baca puisi, seni melukis, desain poster, cipta puisi, desain motif batik dan lomba cipta lagu.

Bagi jenjang SMA yaitu pertunjukan baca puisi, tari berpasangan, teater atau drama, solo vocal dan cipta puisi, film pendek, desain poster, kriya.

Menurut Gunadi, keberhasilan Penyelenggaraan Popkab jenjang SD, SMP dan SMA/SMK tingkat kabupaten Karawang tahun 2015 ditentukan oleh unsur yang bekepentingan dalam melaksanakan kegiatan secara tertib, teratur, penuh disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.

“Sehingga bisa mencapai target yang optimal dalam arti memiliki atlet-atelit yang bisa mengharumkan nama kabupaten Karawang di tingkat regional maupun nasional,” kata dia. (drs)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -