Toto Sebut Hj. Istiqomah Ibu Batik Karawang

KARAWANG, KarawangNews.com – Kamis (12/2/2015) siang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang, Toto Suripto memberi julukan ‘Ibu Batik Karawang’ kepada Hj. Istiqomah penggagas batik Karawang, diantaranya batik bermotif Pare Sagedeng. Ini disampaikan Toto langsung kepada Hj. Istiqomah saat audiensi batik antara DPRD dan wartawan di Hari Pers Nasional 9 Februari.

“Saya mendukung batik motif Karawang dipatenkan, saya berik julukan kepada bu Hj. Istiqomah ini sebagai Ibu Batik Karawang, karena beliau orang yang berjasa untuk Karawang,” kata Toto, di hadapan wartawan di ruang rapat I DPRD.

Kepada wartawan dia menyatakan, batik yang diciptakan Hj. Istiqomah harus punya pengakuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karawang dan harus punya hak paten.

“Disbudpar yang nanti akan mengkonsep ini, kami mendukung sepenuhnya,” ujar dia.

Hal senada diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Karawang, Fendi Anwar, pihaknya sudah melakukan pembicaraan mengenai batik khas Karawang dengan Disbudpar. Dia juga sangat berharap batik Karawang bisa dipakai masyarakat Karawang dalam acara masyarakat dan pakaian dinas hari tertentu oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Soal batik ini, Hj. Istiqomah menjelaskan, Karawang punya gaya batik tersendiri dengan daerah lain dan ini harus dikembangkan juga dilestarikan. Dia juga berharap batik yang dia ciptakan saat ini bisa dilirik semua kalangan masyarakat, yaitu batik Karawang corak Citarum, Curug Cigentis dan Pare Sagedeng.

“Ini adalah punya Karawang, kebanggan masyarakat Karawang,” ujarnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -