SDN Puri Arta Juara Umum Konser Perkusi dan Tari Nusantara

KARAWANG, KarawangNews.com - SDN Puri Arta berhasil menjadi juara umum di ajang konser perkusi dan tarian kolosal nusantara Pelangi Negeriku karya Rosikin WK, Sabtu (14/2/2015) di ‘in door ‘ Kampung Budaya, Karawang. Sekolah ini dinilai unggul dalam kekompakan dan skill penari anak-anak. Acara ini dilaksanakan Sanggar Rigas bersama UPTD PAUD-SD se-Kecamatan Telukjambe Timur.

Peserta acara ini diikuti 1000 siswa dan guru dari 20 sekolah dasar se-kecamatan tersebut. Di festival ini, juara 1 konser perkusi dan tarian kolosal diraih oleh kelompok SDN Puri Arta dan Telukjambe 1, juara kedua diraih oleh kelompok SDN Pinayungan 1, 2 dan 5, sedangkan juara ketiga SDN Wadas 2 dan 4.

Juara harapan satu kelompok SDN Sukaluyu 4 dan SDN Sukaharja 2, juara harapan dua kelompok SDN Telukjambe 2 dan SDN Sukaharja 2, sedangkan juara harapan tiga SDN Sukamakmur 1, 2 dan SDN Purwadana 1.

Selain itu, sekolah terbaik yang membawakan tarian daerah Kalimantan yaitu SDN Sirnabaya, penari terbaik Tortor dari Batak yaitu SDN Telukjambe 1, Tari Ambon yaitu Telukjambe 1, tarian Jawa Timur yaitu SDN Sukaharja 2, Telukjambe 2 dan SDN Puri Arta. Festival ini dilaksanakan dua hari, pada 7 dan 14 Februari 2015 di ‘in door’ Kampung Budaya.

Piala bergilir festival ini berikan langsung Kabid PNFI Disdikpora Karawang, Amid Mulyana SE. Kata dia, acara ini merupakan pengenalan seni dan budaya nusantara kepada anak-anak usia dini, juga untuk menunjukan minat dan bakat anak terhadap kesenian. Dijelaskannya, kegiatan ini sepenunya di dukung Dinas Pendidikan dan selanjutnya merupakan tupoksi Dinas Kebudayaan.

Pimpinan Sanggar Rigas Karawang, Ati Rawati S.Sn menjelaskan, pagelaran Rigas yang dia selenggarakan ini merupakan program pengabdian masyarakat yang hasilnya difestivalkan, tujuannya untuk memperkenalkan budaya dan seni Indonesia, diantaranya tari nusantara, termasuk 'kaulinan budak' di Jawa Barat. Perkusi dan tarian kolosal ini dilatih seniman Rosikin WK.

“SDN Puri Arta jadi juara berdasarkan penilaian, diantaranya program materi yang diberikan panitia sesuai dengan apa yang diharapkan dan sekolah itu mampu membawakan tarian dengan baik," jelasnya.

Kepala UPTD PAUD-SD Telukjambe Timur, Anang Sutarman menjelaskan, sementara ini pihaknya memilah 20 dari 40 sekolah dasar di kecamatannya, 20 sekolah yang mengikuti acara ini yaitu sekolah yang memiliki halaman luas. Alasannya, agar siswa-siswanya bisa berlatih kesenian di halaman sekolah mereka.

“Dari 20 sekolah itu tercatat ada 1000 siswa, sehingga acara ini diikuti 1000 siswa dan gurunya,” kata dia.

Guru-guru tersebut, sambung Anang, dilatih oleh Sanggar Rigas, kemudian guru menyalurkannya kepada siswa mereka dengan tetap dibimbing Studio Rigas.

“Kedepan kami siap kerjasama dengan Rigas, UPTD hanya menyediakan personal sedangkan Rigas pelaksananya,” ujarnya.

Festival seni ini diikuti siswa dan guru se-UPTD PAUD-SD Telukjambe Timur, diantaranya SD Puri Artha, SDN Telukjambe I, SDN Wadas II, SDN Wadas IV, SDN Sukaluyu IV, SDN Sukaharja III, SDN Sukaharja II, SDN Telukjambe II, SDN Sirnabaya II, SDN Pinayungan I, SDN Pinayungan II, SDN Pinayungan V, SDN Suka Makmur II, Dn Sukamakmur III, SDN Sukamakmur I dan SDN Purwadana I.

Diketahui, selain berpayung kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sanggar Rigas ini merupakan tempat berlatih pelajar, mahasiswa dan umum untuk mendalami seni tari termasuk drama, sehingga dalam pelaksanaannya sanggar ini pun berpayung kepada PNFI Disdikpora Karawang. Sanggar ini sangat siap apabila ada kecamatan lain yang mau melaksanakan konser perkusi dan tarian kolosal nusantara, seperti yang telah dilaksanakn UPTD PAUD-SD Telukjambe Timur. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -