Puluhan Rumah di Mulyajaya Terancam Longsor ke Sungai

KARAWANG, KarawangNews.com - Selama musim hujan Januari-Februari 2015 ini, satu rumah di Kampung Rancajulang, RT 07/03, Desa Mulyajaya, Kecamatan Telukjambe Barat ambrol jatuh ke dasar Sungai Cibeet akibat digerus longsor. Tiga rumah didekatnya sudah ditinggalkan penghuninya, sebab tanah sungai ini terus longsor sekitar 1-7 meter setiap dua hari, terlebih curah hujan masih terjadi hingga petengahan Februari ini.

Dijelaskan warga setempat, Naman (50), curah hujan tinggi hampir dua bulan ini menyebabkan Sungai Cibeet meluap, tetapi tidak membanjiri pemukiman setempat seperti banjir tahun kemarin. Namun, akibat tingginya volume sungai menyebabkan tanah longsor di sepanjang bantaran sungai tersebut.

“Pejabat pemerintah sudah sering melihat kondisi ini, tetapi kami belum tahu apakah ada perbaikan atau dibiarkan seperi ini,” kata Naman, Senin (16/2/2015) siang.

Selain rumah yang terancam ambruk, longsor sudah memutus akses jalan di perkampungan ini, sehingga menyulitkan pengendara roda dua yang lalu lalang. Selain jalan putus, longsor ini membentuk terjal curam setinggi 5 meter ke air sungai, kondisi ini dianggap membahayakan warga setempat.

Sejumlah warga yang bermukim di sekitar pingggir Sungai Cibeet merasa terancam rumah mereka longsor ke sungai, mereka cemas jika terjadi hujan lebat yang menyebabkan Cibeet meluap. Untuk mengatasi hal itu, warga membuat penahan abrasi menggunakan bambu-bambu. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -