Kepala Daerah Punya 24 Urusan Wajib dan 8 Urusan Pilihan

KARAWANG, KarawangNews.com - Ada 24 urusan wajib dan 8 urusan pilihan bagi kepala daerah, dari 24 urusan itu ada 6 pelayanan dasar masyarakat yang mutlak harus dilaksanakan, yaitu pendidikan, kesehatan, perumahan dan drainase, kemudian infrastruktur, sosial dan tata ruang. Pelayanan tersebut menjadi skala prioritas bagi kepala daerah.

"Itu yang disebut dengan kewenangan kongkuren, yaitu kewenangan wajib yang dimiliki kepala daerah. Juga, ada kewenangan absolut yang tidak harus dilaksanakan, yaitu pertahanan keamanan yustisi viskal dan moneter nasional, agama dan kebijakan politik luar negeri, ini bukab urusan pemerintah daerah," kata bakal calon bupati Karawang, H. Deden Darmansah, Kamis (29/1/2015).

Dijelaskan Deden, seorang kepala daerah dalam melaksanakan pemerintahan harus melaksanakan asas desentralisasi 24 urusan yang wajib dan 6 urusan pilihan, kedua asas itu merupakan tugas pembantuan program yang dimiliki kementerian yang ditugaskan kepada pemerintah daerah.

Selain itu asas dekosentrasi pemerintahan daerah melaksanakan tugas atas kewenangan pemerintah pusat, itulah inisasi Undang-udang No 24 Tahun  2014 tentang pemerintahan daerah, junto peraturan pemerintah pengganti Undang-undang No 2 Tahun 2014. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -