31 Dari 32 SDN di Karawang Timur Tetap Pakai KTSP

KARAWANG, KarawangNews.com - Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Paud dan SD Kecamatan Karawang Timur, Drs. Yayat Supriatna mengatakan, 31 Sekolah yang ada kecamatannya tetap menggunakan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006.

Pasalnya, walaupun berada di pusat kota Karawang, fasilitas yang ada di lembaga pendidikan khususnya jenjang Sekolah Dasar (SD) di wilayah itu belum mendukung dari segi sarana dan prasarana. Sehingga sekolah-sekolahnya tetap menggunakan KTSP.

"Hal ini berdasarkan hasil keputusan bersama para kepala sekolah yang ada di kecamatan Karawang Timur," ujarnya, saat ditemui si kantornya, Kamis (29/1/2015).

Dijelaskanya, terkait program Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas), dia memberikan kesempatan penuh kepada para kepala sekolah sesuai hasil evaluasi berdasarkan kondisi sekolah dan kebutuhan sekolah.

"Ada 31 dari 32 SD negeri dan swasta di Kecamatan Karawang Timur yang kembali menjalankan program KTSP, hanya 1 sekolah yang lanjut menggunakan Kurtilas karena merupakan sekolah yang dijadikan pilot project penerapan kurikulum 2013, yaitu SDN Margasari 2," katanya.

Diakuinya, ada beberapa faktor yang beragam dari 31  SD itu tidak menjalankan Kurtilas, diantaranya sarana dan prasaran, termasuk jumlah ruangan kelas yang belum memadai.

"Dalam menjalankan Kurtilas, satu rombongan belajar minimal 27 siswa dan maksimmalnya 32 siswa, tapi yang ada saat ini seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Karawang Timur dalam satu rombel mencapai 40-an siswa," jelasnya.

Kondisi ini tentu akan mempengaruhi, sedangkan  dalam program Kurtilas tidak diperbolehkan ada dua shift, ini yang masih jadi kendala. Di Karawang Timur ada kelas pagi dan siang, hal itu dilakukan karena jumlah siswa melebih standar operasional.

"Hasil evaluasi kepala sekolah dan gugus, kita tetap gunakan KTSP, kalau pun dipaksakan Kurtilas pasti tidak akan maksimal," ujarnya. (cmp)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -