Tiap Bulan, SMK Ristek Undang Kostrad ke Sekolah

KARAWANG, KarawangNews.com - Untuk lebih mendisiplinkan siswa, SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia Karawang mengundang Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad Sanggabuana ke sekolah untuk melatih siswa setiap 1 atau 2 bulan. Latihan ini merupakan 'recharge' setelah siswa mengikuti latihan di markas Kostrad yang berlokasi di Kecamatan Tegalwaru itu.

Drs. Darsono Sumedi.
Ditemui di kantornya, Jumat (22/1/2015) siang, Kepala SMK Ristek Karawang, Drs. Darsono Sumedi menjelaskan, latihan rutin oleh tentara dari Kostrad ini bertujuan agar siswanya bisa lebih disiplin, juga menghindari dari kenakalan remaja, terhindar dari narkoba dan lebih menjiwai Pancasila juga mengetahui keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kata Darsono, latihan ini dimulai sejak tahun 2012 lalu dengan mengirim seluruh siswa baru ke markas Denharrahlat Kostrad Sanggabuana. Setelah itu, siswa baru ini tak hanya sekali saja dilatih pasukan loreng tersebut di atas Gunung Sanggabuana selama 3 hari 3 malam, siswa pun masih terus dilatih kedisiplinan di sekolah oleh pelatih sama dari Kostrad.

"Bedanya pada kemasan kegiatan, di sekolah hanya melaksanakan baris berbaris dan kesiplinan selama dua hari, kalau di Sanggabuana selama tiga hari dengan kegiatan penuh selama 24 jam," jelasnya.

Pelatihan ini terakhir dilaksanakan 7 dan 9 Januari 2015 kemarin, rencananya kegiatan ini akan kembali dilaksanakan pada Maret 2015 sambil membagikan nilai mid semester.

Di tempat sama, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMK Ristek, Muhammad Amin SH menjelaskan, selain mendidik kedisiplinan tersebut, di SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia rutin melaksanakan morrning breafing bagi siswa dan guru dengan dikumpulkan di lapangan sekolah. Morrning breafing ini untuk memberi arahan juga menanamkan visi dan misi sekolah kepada guru dan siswa.

Dia menyebutkan, di morrning breafing ini guru SMK Ristek harus mampu mengaplikasikan panca satya yaitu spiritualitas, profesionalitas, integritas, totalitas dan pelayanan tuntas. Kemudian bagi siswa membacakan sapta karsa, yaitu cinta, disiplin, jujur, kerjasama, tanggungjawab, peduli dan perbaikan terus menerus.

Sementara itu, visi sekolah ini yaitu terwujudnya generasi emas yang berilmu dan berbudi pekerti. Sedangkan pada visinya yaitu mendidik pelajar menjadi baik dan pintar yang berakhlak mulia, menjadi sekolah model dan pengembangan kualitas pendidikan di indonesia. Unit produksi bertandar nasional dan meluluskan tamatan produktif bertaraf internasional.

"Ini bentuk keseriusan kami mendisiplinkan siswa. Jadi tidak benar jika ada kabar siswa kami diluar terlibat tawuran, karena di sekolah kami sudah didik mereka agar menghindari hal negatif di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah," kata Amin. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -