SMP di Rengasdengklok Siap Dievaluasi Kesiapan Kurtilas

KARAWANG, KarawangNews.com - Selama melaksanakan Kurikulun 2013 (Kurtilas) selama satu semester kemarin, kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Kutawaluya menjadi lebih baik, pada kurikulum itu pengajar menjadi fasilitator, tetapi sesuai peraturan menteri, sekolah harus kembali melaksanakan Kurikulum tahun 2006 sambil menunggu evaluasi kesiapan sekolah untuk melaksanakan Kurtilas lagi.

Demikian dijelaskan Kepala SMPN 1 Kutawaluya, Neneng Lisnawati S.Pd, MM, sekolahnya siap dievaluasi dan siap melaksanakan Kurtilas kembali. Diakuinya, Kurtilas yang telah berjalan satu semester itu berjalan dengan baik, bahkan banyak perbaikan yang positif yang dirasakan guru dan pelajar.

"Kurikulum 2013 ini sudah berjalan dengan baik, banyak hal positif, karena kurikulumnya mengajak guru jadi kreatif, menuntut menguasai IT. Sekolah kami sudah siap melaksanakan Kurikulum 2013," jelasnya.

Namun begitu, di Kurtilas ini hanya cara penilaian siswa yang masih dianggap sulit oleh guru, tetapi Neneng yakin seiring waktu guru akan terbiasa. Sebab, pada Kurikulum 2006 penilaian hanya melaporkan pengetahuan siswa, di Kurikulum 2013 guru harus mampu melaporkan keterampilan dan sikap. Penilaian ini diakui Neneng mengarahkan pelajar lebih baik untuk pembentukan karakternya.

"Penilaian di Kurtilas harus ada deskripsi di setiap penilaian, ini yang masih dianggap menuntut waktu yang cukup lama bagi guru, tetapi jika sudah terlaksana dan terbiasa tidak akan menjadi beban," kata Neneng.

Di tempat terpisah, Guru Pendidikan Jasmani SMPN 1 Rengasdengklok, Didi Solahudin ditemui di kantornya, Rabu (28/1/2015) menjelaskan, Kurikulum 2013 mempermudah siswanya, Kurikulum itu mengarahkan guru untuk membuat anak gembira dan senang. Hanya saja fasilitas yang harus diperbanyak, tetapi pihaknya sudah mensiasati alat dengan modifikasi.

"Kita masih melaksanakan Kurtilas hingga akhir minggu ini, sebab di awal bulan Februari besok kami kembali ke Kurikulum 2006. Pada dasarnya, kami sudah siap melaksanakan Kurtilas," kata Didi. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -