PT Pupuk Kujang Pastikan Stok Pupuk Aman di Tahun 2015

KARAWANG, KarawangNews.com - Menutup tahun 2014, jajaran direksi dan komisaris PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) melaksanakan penandatanganan karung pupuk dalam acara Pengantongan Pupuk Akhir Tahun.

Acara yang dilaksanakan di Gudang Pengantongan PT Pupuk Kujang Cikampek ini sekaligus memperkenalkan produk baru dari PT Pupuk Kujang. Berbagai penghargaan yang membanggakan juga telah diterima oleh PKC selama tahun 2014.

Dijelaskan Superintendent Informasi dab Komunikasi PKC, Aby Radityo, untuk persiapan musim tanam tahun 2015 yang diperkirakan akan lebih cepat, PKC sudah menyiapkan stok pupuk. Urea sebanyak 46.500 ton, NPK 1.000 ton, dan pupuk Organik 5.700 ton. Saat ini pertanian di Jawa Barat sudah mulai memasuki musim tanam Oktober-Maret.

"Melihat curah hujan yang cukup tinggi, PKC sudah mempersiapkan kemungkinan dilakukannya pemupukan ulang," jelas Aby.

PKC telah melakukan revitalisasi Pabrik NPK Granular untuk meningkatkan performanya melalui perbaikan sistem dan teknologi. Beberapa proses revitalisasi telah dilakukan antara bulan Oktober hingga November 2014. Per Desember 2014, produksi NPK meningkat menjadi 300 ton per hari dari yang sebelumnya sekitar 200 ton per hari.

Selain itu, Pabrik NPK Granular II yang baru akan meningkatkan total produksi menjadi 200.000 ton per tahun dari yang sebelumnya 100.000 ton.

Tahun 2014 ini ditutup PKC dengan berbagai penghargaan diantaranya mempertahankan Proper peringkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan selama tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan Level 5 Industri Hijau, yang merupakan level tertinggi dari Kementerian Perindustrian yang menunjukkan efisiensi proses produksi PKC. Serta penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil (Zero Accident) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Selain itu, skor Indikator Kepuasan Lingkungan PKC mengalami peningkatan menjadi 92,19, naik 12 poin dari tahun sebelumnya dan mendapatkan kategori ‘Sangat Puas’ dan skor Kepuasan Karyawan sebesar 77% dengan kategori ‘Memuaskan’.

Selain itu, Departemen Riset PKC memperkenalkan produk baru berupa insektisida dengan merk Fenoku 500 EC, fungisida dengan merk Prodinku 250 EC, pupuk bio organic dengan merk Excow dan benih tomat Hortus.

FenoKu 500 EC merupakan insektisida untuk mengendalikan hama pada tanaman bawang merah, cabai, kedelai, padi, dan teh. Prodinku 250 EC adalah fungisida untuk pencegahan dan penyembuhan atas serangan jamur pada tanaman pangan dan perkebunan.

Excow adalah pupuk bio organik yang mengandung mikroba, mikronutrien dan hormon yang sangat berguna bagi pertumbuhan tanaman. Juga benih tomat merk Hortus yang merupakan tanaman hibrida untuk dataran menengah dan rendah yang memiliki banyak keunggulan. Perizinannya akan selesai dalam waktu dekat dan akan diluncurkan secara komersial. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -