Pasar Terintegrasi Terminal di Dengklok Akan Dibangun Lagi

KARAWANG, KarawangNews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mendesain Pasar Rengasdengklok yang terintegrasi dengan terminal dalam rencana pembangunan pasar yang akan segera dilakukan. Ini akan segera dilakukan setelah  Pemkab mendapat investor yang mau diajak kerja sama dengan sistem Build Operate and Transfer (BOT).

Seperti diungkapkan Asisten Daerah II Bidang Perekonomian, Ramon Wibawa Laksana, Jumat (16/1/2015), kondisi Pasar Rengasdengklok yang sudah semerawut membuat Pemkab harus segera melakukan pembangunan secepat mungkin.

"Pasar Dengklok situasinya sudah sangat kumuh, kemacetan setiap hari terjadi, karena banyak pedagang tumpah di bahu jalan dan tidak lagi menempati kios-kiosnya masing-masing," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Ramon, Pemkab Karawang akan segera menggaet investor melalui Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD). Lahan seluas lima hekare, sudah disediakan Pemkab untuk memuluskan rencana itu, termasuk untuk mengintegrasikan pasar tersebut dengan terminal.

"Kita punya tanah di dekat irigasi, luasnya sekitar lima hektare. Dulu PT Kaliwangi sudah pernah melakukan pengarugan di tempat itu, tapi tidak dilanjutkan dengan pembangunan. Rencananya memang akan diintegrasikan dengan terminal, makanya kami sudah komunikasikan dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). Jadinya nanti apakah pasar tiga hektare dan terminal dua hektare atau bagaimana nanti komposisinya, kita tunggu saja," papar Ramon.

Hal yang sama dilontarkan juga oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben), Hanafi, pihaknya masih terus mencari investor yang berminat mengelola Pasar Rengasdengklok. Namun sampai sejauh ini, baru pemilik Galuh Mas yang sudah menyatakan keinginan dan kesediaannya untuk membangun dan mengelola pasar tersebut.

"Sampai saat ini, baru Amen dari Galuh Mas sudah mengajukan kesediaan diri, tapi kita akan lihat dulu apakah mereka punya pengalaman atau tidak dalam mengelola pasar. Kita juga akan lihat seperti apa konsepnya untuk BOT Pasar Dengklok ini," tandasnya.

Seperti diketahui, Pasar Rengasdengklok merupakan salah satu pasar yang cukup ramai di wilayah Kabupaten Karawang, selain pasar Karawang Baru, Cikampek maupun Kosambi. Keberadaan pasar ini, menjadi penyangga bagi perekonomian masyarakat di tujuh kecamatan di sekitar Rengasdengklok, yakni, Kutawaluya, Batujaya, Jayakerta, Tirtajaya, Pedes, Cibuaya dan Pakisjaya. (ms)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -