Jelang Mutasi, Ada Oknum PNS Penjilat?

KARAWANG, KarawangNews.com - Meskipun Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana membantah praktik 'wani piro' dalam mutasi jabatan yang akan dilaksanakan akhir Januari 2015 ini, ditengarai ada oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menawarkan jabatan strategis di lingkungan Pemkab Karawang.

Seperti diungkapkan Anggota Dewan Pakar KAHMI Karawang Lukman N. Iraz, Kamis (22/1/2015), dia mencium gelagat tidak baik menjelang mutasi ini. Terendus ada oknum PNS yang secara struktur dan  fungsi kedinasannya tidak ada kaitan dengan tupoksi  justru selalu mengikuti kegiatan dinas luar Plt. Bupati Karawang.

"Ini sulit dimengerti, dimana tupoksinya?” kata Lukman.

Menurut Lukman, kondisi ini telah memunculkan isu oknum PNS penjilat di kalangan PNS. Perbuatan tersebut dianggap bentuk pelanggaran PP No. 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.

”Sebaiknya seluruh elemen aktivis agar ikut melakukan monitoring proses mutasi ini secara proporsional, profesional dan prosedural,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam melakukan mutasi seorang kepala daerah harusnya merujuk Pasal 233 ayat (1) UU No. 23 Tahun 2014. Dalam aturan tersebut, seorang pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan menduduki jabatan kepala perangkat daerah harus memenuhi persyaratan kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural.

"Dalam Ayat 3 dan 4 jelas, kompetensi tekhnis dan pemerintahan ditetapkan oleh menteri. Jadi, sekarang kita pantau saja nama-nama pejabat yang akan dimutasi, apakah memenuhi persyaratan itu atau tidak,” tandas Lukman. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -