Ijin Urusan OPD, Bukan Bupati

KARAWANG, KarawangNews.com - "Saya ingin mengingatkan kepada kita semua, menjadi bupati tak cukup keinginan dan uang, tetapi harus memiliki ilmu pengalaman dan kemampuan dalam menejemen daerah, jangan sampai terjebak soal ijin," kata calon Bupati Karawang. H. Deden Darmansah, Kamis (29/1/2015).

Kalau ada yang salah soal ijin berarti bupati belum paham, karena ijin adalah urusan dinas. Diakui Deden, jika dia terpilih jadi Bupati Karawang, dia tidak akan bersentuhan dengan ijin, sebab kewenangannya ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT).

"Jadi budaya memohon petunjuk menghadap pimpinan daerah harus dihilangkan, karena sesuai peraturan daerah, pemimpin tidak lagi mengurus soal ijin dan non ijin," kata Deden.

Mekanisme BPMPT selama ini hanya memperpanjang birokrasi, misalnya seorang pemohon trayek angkutan umum mendatangi BPMPT, kemudian dia diminta untuk melanjutkan ijin itu ke Dinas Perhubungan, ini malah mempersulit. Harusnya cukup di BPMPT saja dan tidak harus melalui OPD terkait.

Kedepan, lanjut Deden, ketika PDI Perjuangan memimpin, ijin tidak perlu lagi bersentuhan dengan OPD non teknis. Dia menegaskan, ijin itu jangan diartikan sebagai retribusi atau pajak, tetapi sebagai pengendalian atau 'train of horse'. Jika suatu saat si pemohon berbuat salah, maka tinggal dibuka kembali alasan pemerintah memberikan ijin kepada si pemohon itu.

"Cukup mendatangi BPMPT dan ijin langsung keluar dari BPMPT. Untuk mengubah itu memang perlu revolusi mental," kata Deden, mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo soal revolusi mental.

Ini yang harus direformaai, lanjut Deden, ini baru soal  ijin, belum lagi soal yang lain. Maka, pemimpin harus memiliki disiplin dan kemampuan memenejemen pemerintahan. Biasanya, ini yang tertuang dalam visi dan misi calon pemimpin daerah.

"Saya sudah punya pengalaman dan kemampuan dalam memenej hal itu, tinggal mengamalkan yang jadi bagian dari ibadah. Nah sekarang persoalannya mau tidak masyarakat dipimpin oleh PDI-P," ungkapnya. (spn)

Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -