HMI Larang Pemda Beli New Avanza Untuk DPRD

KARAWANG, KarawangNews.com - Rabu (7/1/2015) siang, sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang berunjuk rasa menolak pembelian kendaraan roda empat bagi anggota DPRD Karawang.
Mereka berorasi tidak setuju dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Karawang yang berencana membeli 46 unit mobil new avanza. Sebab, masih banyak persoalan pemerintah yang kini belum bisa diselesaikan.

"Masih banyak infrastuktur yang belum dibenahi, juga tentang sosial, perekonomian dan pembangunan nyata yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Ketua Umum HMI Karawang, Heru Slana Muslim.

Menurut Heru, ondisi saat ini, dengan pembahasan anggara APBD 2015 yang dilakukan oleh DPRD yang mengatasnamakan kepentingan rakyat ternyata mencari kepentingan sendiri dalam pengadaan mobil dinas yang harganya mencapai Rp 200 juta per unit. Jika dikalikan dengan 46 unit bisa menghabiskan anggaran daerah Rp 9 miliar-an.

Padahal sudah jelas, menurut Undang-Undang Repiblik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, Pasal 45 poin D, sudah jelas DPRD mempunyai kewajiban untuk memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah. Selain itu dalam pin F DPD mempunyai kewajiban untuk mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

Selain itu, seperti yang tertuang Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota DPRD tertuang Pasal 17 disebutkan, hanya pimpinan yang diberikan fasilitas satu unit rumah jabatan beserta perlengkapannya dan satu unit kendaraan dinas jabatan.

Di Pasal 18 juga disebutkan untuk anggota DPRD ternyata tidak diberikan fasilitas kendaraan dinas, hanya diberikan fasilitas rumah dinas beserta perlengkapannya. Jadi, jelas tidak peruntukan fasilitas mobil dinas bagi anggota DPRD.

"Kami mendesak kepada Pemkab Karawang untuk mengajukan evaluasi APBD Tahun 2015 ke Gubernur Jawa Barat untuk menghapuskan alokasi pengadaan mobil dewan. Sehingga, alokasi anggaran tersebut dapat dialihkan untuk program yang lebih maslahat bagi rakyat," tandas Heru. (oca)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -