Harga BBM Turun, Tarif Angkot di Cikampek Belum Berubah

KARAWANG, KarawangNews.com - Pasca penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Senin (19/1/2015 oleh pemerintah, tarif angkutan kota di wilayah Cikampek masih tetap, sopir beralasan belum ada edaran penurunan tarif dari Dinas Perhubungan.

Harga BBM dua kali mengalami penurunan, pada Desember 2014 turun dari harga yang pernah dinaikan sebelumnya Rp 8500 per liter menjadi Rp 7500 per liter, kemudian pada Senin kemarin turun lagi dari menjadi Rp 6600 per liter. Namun begitu, penurunan harga BBM tidak diikuti komponen harga lainnya, termasuk tarif angkutan kota di wilayah Cikampek.

"Karena belum ada edaran resmi penurunan tarif angkutan dari Organda maupun Dinas Perhubungan," kata sopir angkot, Ujang Parman, Rabu (21/1/2015).

Kondisi ini memaksa para penumpang unuk membayar ongkos angkutan kota sama dengan ongkos saat harga BBM berada pasa kisaran Rp 8500 per liter.

Kondisi ini terkadang menimbulkan salah paham hingga sering terjadi perdebatan antara sopir dan penumpangnya. Selain belum ada edaran Organda dan Dinas Perhubungan, pemilik angkot juga masih memberlakukan setoran tinggi kepada sopir angkot.

Sementara itu, Kabid Angkutan Umum Dinas Perhubungan Karawang, H. Dede Abdurahman menyatakan, pihaknya telah menyikapi penurunan harga BBM dan akan merumuskan perubahan tarif angkutan umum.

"Penurunan tarif angkot kira-kira berada pada kisaran 10 persen saat ini, sebab tarif sekarang masih mengikuti kenaikan harga BBM sekitar 30 persen pada bulan lalu," jelasnya. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -