Dinas Pendidikan Masih Periksa Ijazah Balon Kades

KARAWANG, KarawangNews.com - Hingga Kamis (15/1/2015) sore ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang masih melaksanakan Pelayanan Satu Atap (Yantap) penelitian keabsahan normatif dengan alat uji berdasarkan data yang ada di dinas pendidikan.

Dijelaskan Anggota Panitia Uji Yantap Dinas Pendidikan Karawang, Amid Mulyana SE, penelitian tersebut juga berdasarkan data bakal calon kepala desa yang terdaftar sebagai peserta ujian dan lulus. 

Sedangkan bagi yang di luar Kabupaten Karawang, panitia akan konfirmasi ke kabupaten bersangkutan. Saat ini, sambung dia, pihaknya sedang merekap  berapa jumlah lulusan dari luar Karawang, yaitu dengan datang langsung ke kabupaten bersangkutan.

"Kita menunggu keabsahan dari satuan pendidikan setempat, intinya kita akan melakukan konfirmasi ke dinas pendidikan yang bersangkutan," ujarnya.

Sehingga, verifikasi satuan pendidikan Dinas Pendidikan dari luar Kabupaten Karawang pun menjadi penentu lolos atau tidaknya bakal calon kepala desa. Dengan begitu, gagal atau tidaknya bakal calon di Yantap ini pun berdasarkan keabsahan ijazah yang dikeluarkan Dinas Pendidikan bersangkutan.

"Bagi lulusan di luar Karawang akan dilakukan klarifikasi lebih lanjut, kepada satuan pendidikan asal dan dinas setempat," kata Amid.

Diketahui, saat ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Karawang sedang melakukan keabsahan uji bakal calon kepala desa, sebab masih ada bakal calon yang belum menyerahkan berkas kepada OPD yang ditunjuk jadi panitia peneliti dan penguji pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Karawang gelombang 1 tahun 2015 dan berkas tersebut masih ditunggu.

Berkas di BPMPD tercatat ada sekitar 700 bakal calon kepala desa dan hingga Kamis siang, Dinas Pendidikan baru menerima sekitar 600 berkas bakal calon kepala desa.

"Pada prinsipnya, Dinas Pendidikan Karawang siap membantu bakal calon dan memfasilitasinya, apapun hasilnya nanti, itu sesuai penilitian data masing-masing calon sesuai kelengkapan berkas," paparnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -