25 Perguruan Tinggi Menggelar Karawang Edu Fair 2015

KARAWANG, KarawangNews.com - Sedikitnya 25 stand dari berbagai universitas di seluruh Indonesia kumpul di tengah halaman SMAN 1 Karawang di acara Karawang Edu Fair 2015, Minggu (18/1/2015). Acara tahunan SMAN 1 Karawang ini bertujuan memperkenalkan kampus-kampus kepada seluruh pelajar SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Karawang, terutama mereka yang bersiap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dijelaskan Ketua Yayasan Alumni SMAN 1 Karawang, Ahmad Badrusalam yang biasa disapa Aam, para mahasiswa dari 25 perguruan tinggi yang menggelar Karawang Edu Fair 2015 ini adalah alumni-alumni SMAN 1 Karawang, mereka memaparkan masing-masing kampusnya kepada para pelajar yang ingin mengetahui informasi universitas.

"Di sini juga dijelaskan bahwa kuliah tanpa biaya pun bisa, yaitu dengan beasiswa. Ini dijelaskan langsung oleh kakak-kakak mereka yang saat ini kuliah dan mendapat besiswa itu. Sehingga, siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya bisa mendapat informasi jelas di sini," kata Aam.

Selain memberikan informasi, Karawang Edu Fair 2015 ini pun untuk menumbuhkan keinginan minat siswa agar kuliah dan mau melanjutkan pendidikan ke jejang yang lebih tinggi. Sebab, banyak lulusan SMA, SMK dan MA di Karawang yang tidak kuliah, mereka lebih memilih bekerja. Beda dengan SMAN 1 Karawang, hampir 99 persen lulusannya melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kata Aam, selain edu fair ini, pada 25 Januari akan digelar try out di SMAN 1 Karawang bagi siswa kelas 12 se-kabupaten yang ingin ikut. Kemudian pada 28-31 Januari akan melaksanakan silaturahmi antara alumni dan siswa dengan mengadakan lomba futsal memperebutkan Piala Ikatan Alumni (Ika) SMAN 1 Karawang.

Di tempat sama, Ketua Panitia Karawang Edu Fair 2015, Iwan Pramesti Anwar menyatakan, siswa yang datang  ke 'edu fair' ini mayoritas dari SMA, SMK dan MA di sekitar kota, padahal acara ini diperuntukan bagi seluruh pelajar se-Kabupaten Karawang, bahkan acara ini sudah direncanakan tahun 2000 lalu, khusus untuk alumni SMAN 1 Karawang, tetapi baru mulai bisa dilaksanakan tahun 2013 lalu.

Diakuinya, di tahun ketiga ini antusias siswa yang hadir di Karawang Edu Fair bertambah dari 800 peserta di tahun pertama menjadi 1500 di tahun kedua dan sekarang bertambah sekitar 2000 peserta. Ini membuktikan, minat siswa yang ingin melanjutkan kuliah sangat tinggi. Jumlah ini pun tidak diikuti seluruh siswa kelas 12 yang ada di Kabupaten Karawang.

"Kita memberikan informasi seluasnya kepada siswa, terutama kelas 12 yang ingin kuliah, kita juga memberikan informasi universitas termasuk biaya dan jurusan, sehingga para siswa ini tidak akan bingung lagi memilih tempat kuliahnya nanti," kata mahasiswa semester 5 Institut Teknologi Bandung ini, juga alumni SMAN 1 Karawang. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -