Wakil Presiden RI Resmikan PT AHM di Cikampek

KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla meresmikan pabrik terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) di Kawasan Industri Indotaisei Cikampek, Kamis (11/12/2014). Jusuf Kalla hadir didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani.

"Sebagai perusahaan besar PT AHM yang telah beroparasi lebih dari 40 Tahun dan  telah memberi contoh baik terhadap perkembangan industri di tanah air, Indonesia sangat terbuka dan tentu memberikan kesempatan untuk investor asing yang akan berinvestasi di Indonesia yang tentunya akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan rakyat serta dapat  membuka kesempatan kerja untuk masyarakat Indonesia," kata Jusuf Kalla.

PT AHM mulai mengoperasikan pabrik sepeda motor terbarunya di Karawang dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit pertahun yang akan dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan pasar domestic dan pasar ekspor di Kawasan ASEAN di masa mendatang. Dengan demikian, total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia saat ini mencapai 5,3 juta unit pertahun dan menjadikan AHM sebagai Produsen sepeda motor Honda terbesar di dunia.

Peresmian ini juga dihadiri Duta Besar Jepang untuk RI, Yasuaki Tanizaki, Wakil Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Presiden Direktur PT. Astra Internasional Tbk Prijono Sugiarto, dan President CEO and Representative Director, Honda Motor Co.Ltd Takanobu Ito.

Pabrik terbaru AHM ini dibangun di lahan seluas 84 hektare di Kawasan Industri Indotaisei, Kota Bukit Indah, Karawang, Jawa Barat. Sebagai perusahaan joint venture PT Astra Internasional Tbk dan Honda Motor Co. dengan komposisi saham 50%:50%, AHM menginvestasikan RP 3,3 Triliun untuk memproduksi sepeda motor Honda tipe sekutik di pabrik AHM Karawang ini. fasilitas produksi terbaru ini melengkapi tiga pabrik sepeda motor Honda yang sudah ada sebelumnya, yaitu yang berlokasi di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, besarnya potensi perkembangan pasar sepeda motor di Indonesia diantisipasi AHM dengan mendirikan pabrik baru yang mampu memproduksi sepeda motor Honda dalam jumlah yang lebih besar, sehingga AHM dapat secara konsisten memenuhi besarnya kebutuhan sepeda motor Honda disetiap segmen.

Executive Vice President Director AHM Johanes Loman juga mengungkapkan, dalam mata rantai bisnis perusahaan, saat ini AHM didukung oleh sekitar 15.245 institusi bisnis yang terdiri antara lain 981 pemasok komponen sepeda motor Honda secara langsung maupun tidak langsung, 1.817 dealer Honda, 350 bengkel mitra binaan, 7.652 toko suku cadang dan 300 outlet perusahaan pembiayaan sepeda motor Honda, 86 perusahaan logistic pengiriman sepeda motor Honda serta 115 outlet perusahaan asuransi sepeda motor Honda. (rls)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -