Kejari Karawang Tidak Optimal Bekerja

KARAWANG, KarawangNews.com -  Penyelamatan uang negara yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karawang dari kasus dugaan tindak pidana korupsi masih sedikit dibandingkan dengan potensi kerawanan korupsi di Karawang demikian kata Praktisi Hukum Karawang Asep Agustian SH MH.

"Kejari Karawang perlu mengoptimalkan lagi pengungkapan kasus korupsi, agar penyelamatan uang negara tinggi," katanya kepada wartawan Minggu (14/12/2014).

Untuk ukuran di Karawang, kata dia, penyelamatan uang negara yang hanya mencapai Rp 654.620.440 selama Januari-Oktober 2014 itu terlalu sedikit.

Sebab, tingkat kerawanan terjadinya tindak pidana korupsi di berbagai instansi lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang cukup tinggi.

Diduga Asep, sepanjang tahun ini, kinerja Kejari Karawang tidak maksimal dan kurang serius dalam mengungkap kasus dugaan korupsi.

Diantara buktinya, penyelamatan uang negara yang minim. Itupun berasal dari kasus-kasus dugaan korupsi "warisan" tahun-tahun sebelumnya, tidak murni dari pengungkapan kasus yang ditangani pada 2014.

Ia menyebutkan, kerawanan perbuatan korupsi Karawang tinggi, karena dari kasus surat persetujuan pemanfaatan ruang (SPPR) yang menyeret Bupati setempat Ade Swara isterinya Nurlatifah saja, itu
cukup banyak yang terlibat.

"Dari kasus pemerasan pembuatan SPPR yang ditangani KPK, ditemukan kerugian negara sekitar Rp 5 miliar. Jadi seharusnya, penyelamatan uang negara oleh Kejari Karawang lebih besar dari yang dihasilkan saat ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kejari Karawang AM Arifin sebelumnya menyatakan, selama Januari-Oktober 2014 sudah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 654.620.440 dari beberapa kasus dugaan korupsi.

Secara umum, capaian penanganan tindak pidana korupsi yang dilakukan Kejaksaan Negeri Karawang sebanyak lima kasus atau perkara yang dalam tahap penyelidikan. Sedangkan tahap penyidikan yang kini ditangani Kejari Karawang empat perkara, dan enam perkara yang sudah proses penuntutan. (*spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -