Imbas Demo Naik Upah, Pentolan Serikat Buruh di-PHK Perusahaan

KARAWANG, KarawangNews.com - Ribuan buruh Karawang dari sejumlah perusahaan yang tergabung dalam serikat buruh KASBI, Rabu (10/12/2014) siang berunjuk rasa di luar pagar gedung DPRD Karawang. Para buruh menuntut agar pemerintah menindak tegas perusahaan yang telah semena-mena memberangus hak-hal buruh.

Aksi buruh ini imbas unjuk rasa buruh menuntut kenaikan upah tahun 2015 beberapa waktu lalu di Pemda Karawang, sejumlah buruh mendapat peringatan keras dari perusahaan tempat mereka bekerja, para buruh terutama ketua serikat di PHK sepihak, karena dituding telah memobilisasi buruh lainnya untuk tidak bekerja, tetapi berunjuk rasa, sehingga perusahaan merugi, karena tidak beroperasi.

Atas tindakan yang dianggap semena-mena itu, KASBI kembali berunjuk rasa mendatangi DPRD, menuntut agar DPRD menindak perusahaan tersebut. Sebab, perusahaan itu dianggap tidak mengikuti peraturan pemerintah dan mencurangi hak-hak buruh dalam berserikat.

"Unjuk rasa ini juga sebagai bentuk memperingati hari mogok nasional buruh, di hari ini pula kita menuntut pendirian Pengadilan Hubungan industri di Karawang. Supaya persoalan-persoalan buruh di Karawang bisa diselesaikan di Karawang, tidak harus jauh ke Bandung," kata Oktori Fauzan, aktivis buruh.

Aksi unjuk rasa ini dilakukan dengan konvoi kendaraan motor dari Cikampek kemudian mengelilingi Karawang kota, banyaknya buruh yang ikut dalam aksi ini membuat arus lalu lintas macet. Untuk mengamankan jalannya aksi ini, sejumlah polisi dikerahkan, termasuk kendaraan huru-hara. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -