Gus Hasan: Saatnya Kader NU Tampil Sebagai Pengambil Kebijakan

KARAWANG, KarawangNews.com - Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang, KH. Hasan Nuri Hidayatullah, Lc menegaskan, saat ini merupakan saatnya kader NU tampil sebagai pengambil kebijakan. Pasalnya, secara historis, NU sudah mempunyai kontribusi bagi keberlangsungan perjalanan bangsa dan Negara Indonesia. Jadi sangat pantas, kalau kadenya harus tampil dalam birokrasi pemerintahan.

Hal tersebut diungkapkannya saat Malam Lailatul Ijtima’ PCNU Karawang dan Peresmian Masjid Nurul Huda Payungsari, Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang, Sabtu (20/12/2014).

“ Investasi NU terhadap Negara ini tidak sedikit. Perjuangan kaum ulama dan santri dalam perannya memperjuangkan kemerdekaan dan mengusir kolonialisme harus diapresiasi. Jadi kalau sementara waktu lalu NU selalu dipinggirkan dan bukan diberi kesempatan, saat inilah waktu yang tepat untuk meminta “jatah” menjadi pemimpin,” tutur pria yang akrab dipanggil Gus Hasan ini.

Menurut Gus Hasan, perjalanan sejarah NU penuh dengan dinamika. Hai itu, kata dia, disebabkan oleh banyaknya kepentingan politik penguasa yang kerap kali menarik-narik NU di wilayah yang kurang strategis. Sehingga, lanjutnya, tidak ayal lagi seringkali menimbulkan banyak friksi dan kepentingan dikalangan kader NU sendiri. Hal itu, sambung Gus Hasan, harus bisa dijadikan bahan evaluasi diri agar kedepan NU menjadi lebih baik.

Diakuinya, NU itu seksi, jadi wajar kalau penguasa selalu menarik-narik NU untuk melegitimasi kepentingannya. Ini yang harus dijadikan dasar muhasabah, karena selama hanya dijadikan tarikan dan dorongan, selama itu pula tidak akan menguntungkan bagi NU kedepan.

"Kita harus menjaga soliditas bersama. Jam’iyah dan jama’ah harus mampu guyub dan bersama-sama mengembangkan NU kedepan lebih baik lagi. Jangan sampai jama’ah NU menjadi alat kepentingan orang lain yang ujung-ujungnya tidak mendapatkan apa-apa, kecuali pepesan kosong,” papar Pengasuh Ponpes Ash Shiddiqiyah 3 Cilamaya Wetan ini.

Senada dengan Gus Hasan, Ketua PCNU Karawang, H.A Marjuki mengharap agar warga jam’iyah NU selalu menjaga kebersamaan. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk memberikan kontribusi terhadap bangsa ini, termasuk kepada masyarakat Karawang. Pihaknya mengakui, beberapa kegiatan sosial telah dilakukan oleh NU. Dan yang akan segera di lakukan, sambungnya, yaitu ikut mengembangkan dunia pendidikan di Karawang agar bisa bersaing dengan daerah lain.

“Tahun depan kita sudah membuka SMP dan SMA yang bertaraf nasional. Jadi, kalau ada warga masyarakat Karawang akan menyekolahkan anak-anaknya tidak usah terlalu jauh. Cukup di Karawang, Insya Allah sudah kita persiapkan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini PCNU sedang berkonsentrasi dengan kegiatan yang dilakukan di pelosok Kabupaten Karawang. Hal ini, lanjutnya, dimaksudkan lebih mempererat jalinan tali silaturrahmi sekaligus memperkuat konsolidasi pada masa warga Nahdliyin di desa-desa.

“Agenda Lailatul Ijtima’ ini terus kita gulirkan ke seluruh Karawang, agar jalinan silaturrahmi terus terjaga. Hanya kebersamaan yang menjadi kekuatan kita,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam peresmian Masjid Nurul Huda mengharapkan agar keberaqdaan Masjid aktifitasnya bisa ditingkatkan lagi. Pihaknya berharap baik DKM maupun lingkungan masyarakat sekitar dapat menghidupkan tempat ibadah tersebut.

“Dengan bangunan yang baru, semoga semakin meningkatkan semangat untuk lebih emmakmurkan dan menghidupkan Masjid dengan kegiatan keagamaan dan juga sosial lainnya,” kata dia.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pengundian peserta pendaftaran Kartu Tanda anggota NU (Kartanu), yang disponsori oleh PCNU. Pada kesempatan malam itu, akhirnya menetapkan kepada salah satu warga jamiyah NU dari Kecamatan Telagasari yang memperoleh kesempatan umroh dengan biaya dari PCNU Karawang. (mus)

foto: dokumen KarawangNews.com
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -