Disperindagtamben Bantu Bikin Label Halal Home Industri

KARAWANG, KarawangNews.com - Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kabupaten Karawang mendorong home industri agar produk makanan mereka berlabel Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT). Label itu dikeluarkan setelah ada pemeriksaan di departemen kesehatan juga di Majelis Ulama Islam (MUI) Provinsi Jawa Barat.

Seperti dijelaskan Kabid Perindustrian Disperindagtamben Karawang, Drs. Muhrodi Suruzi, Rabu (10/12/2014) di ruang kerjanya, Kabupaten Karawang dan enam kabupaten lainnya mendapat halal award dari MUI Jawa Barat, sebab banyak Usaha Mikro Menengah (UKM) di Karawang yang telah memiliki label sertifikat halal. Kabupaten lainnya yaitu, Subang, Bogor, Sumedang, Kuningan, termasuk Majalengka.

"Untuk melindungi konsumen ada dua hal yang harus dimiliki pengusaha kecil makanan, yaitu harus ada ijin Depkes dan sertifikat halal, agar masyarakat aman mengkonsumsi makanan dan tidak berbahan yang menimbulkan penyakit," ucapnya.

Dengan begitu, di setiap kemasan makanan yang diproduksi industri kecil harus memiliki nomor P-IRT, juga harus mencantumkan bahan baku pembuatan makanan tersebut, untuk menjaga kesehatan para konsumen.

"Kadang ini sering dikesampingkan oleh para pengusaha kecil, sehingga kita bantu mereka untuk mendapatkan label halal itu secara gratis dengan mengusulkan makanan itu ke MUI Jawa Barat untuk dicek halalnya," kata Muhrodi. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -