Dinas Pendidikan Cek Keabsahan Ijazah Balon Kades

advertise here
KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 177 bakal calon kepala desa se-Kabupaten Karawang akan dievaluasi ijazahnya, sebab sudah ditemukan ijazah milik balon kades yang terindikasi palsu.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Agus Supriatman didampingi Kabid Pendidikan Formal dan Informal (PNFI), Amid Mulyana, Selasa (23/12/2041) siang.

Dengan demikian, selain diseleksi panitia Pilkades, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang melakukan pengecekan legalitas dan keabsahan ijazah milik para balon kades.

"Saya harus hati-hati bahwa ijazah itu asli, kita tetap melakukan koordinasi dengan PKBM, TK/SD, SMP dan SMA, karena kemarin sudah ditemukan terindikasi ijazah palsu," kata Amid.

Diakuinya, prosedur di kesetaraan, ijazah ini dikatakan sah apabila si pemilik ijazahnya terdaftar mengikuti ujian dan dinyatakan lulus oleh kementerian, jika dia hanya mengikuti dan tidak lulus maka tidak sah.

Diketahui, sebanyak 177 desa se-Kabupaten Karawang sedang melaksanakan tahapan pemilihan kepala desa dimulai sejak 29 Desember 2014 sampai 22 Februari 2015. (spn)