1 Bulan, Warga Karawang Beli Beras Rp 225 Miliar

KARAWANG, KarawangNews.com - Dua Anggota Komisi II DPR RI, Dadang S. Muchtar dan Saan Mustopa mendesak Pemkab Karawang agar membatasi ijin pembangunan perumahan dan industri yang berdampak berkurangnya lahan teknis sawah.

Hal itu dinyatakan keduanya saat kunjungan reses ke kantor Bupati Karawang, Senin (29/12/2014) siang, keduanya diterima Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dan para kepala dinas.

"Dulu Karawang jadi model pertanian, tetapi sejak pemerintahan Ahmad Dadang (mantan Bupati Karawang, red) tata ruang diganti. Harusnya Pemda Karawang tetap melaksanakan kebijakan yang lama untuk menyelamatkan lahan teknis sawah," kata Dadang S. Muchtar.

Hal sama diungkapkan Saan Mustopa, ijin mendirikan bangunan harus dibatasi, apalagi di lahan sawah teknis, sebab akan mengurangi luas sawah di Karawang. Selain itu, mendirikan bangunan di tanah resapan air akan menyebabkan banjir.

Di tempat terpisah, warga Karawang Barat, Didik menyebutkan, dari jumlah penduduk Karawang yang mencapai 2,5 juta jiwa umumnya menghabiskan beras 1 liter untuk 3 orang. Dari jumlah itu dibutuhkan  8.333 liter perhari atau sekitar 833 ton perhari, jika dikalikan sebulan diperkirakan jumlahnya mencapai 25.000 ton. Jadi, perputaran uang masyarakat Karawang untuk beli beras mencapai Rp 225 miliar, jika 1 ton beras Rp 9 juta-an.

"Saat ini negara seperti Jepang membangun pabrik di Indonesia, sebab tanah di negaranya dikembalikan lagi untuk bercocok tanam. Sekarang kita yang dirugikan dengan berkurangnya area sawah dan pencemaran limbah," tandasnya.

Menurutnya, pertumbuhan pabrik-pabrik di Karawang akan menjadi bom waktu, terutama akan berpengaruh pada hasil produksi padi dan limbah industri. Sehingga, pemerintah harus memikirkan puluhan tahun ke depan terkait kelangsungan pangan masyarakatnya.

"Jika produksi padi sudah berkurang, kita (di lumbung padi ini, red) bisa rebutan beras, ini jangan sampai terjadi," tegasnya. (spn)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -