Warga Desa Bongas Gelar Sedekah Bumi

SUBANG, KarawangNews.com - Jelang memasuki musim tanam padi, ratusan petani di Desa Bongas, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang melakukan sedekah bumi dengan melakukan berbagai kegiatan ada istiadat desa setempat,  diantaranya pawai keliling kampung yang diikuti aparat desa dan warga, Senin (24/11/2014). Uniknya, sepanjang jalan, kepala desa dimandikan warga dengan kembang tujuh rupa.

Pawai budaya ini dipimpin langsung kepala desa yang diikuti warganya, ini merupakan simbol pemberitahuan kepada seluruh petani, musim tanam telah dimulai. Dalam arak-arakan tersebut, warga membuat miniatur traktor yang dibawa keliling kampung, dengan diiringi musik khas daerah Sunda jaipong dan tarling.

Iring-iringan ini disambut kaum ibu-ibu dengan menyiapkan air kembang tujuh rupa untuk menyiram kepala desa dan peserta pawai. Para peserta pawai ini tidak boleh menolak disiram air, hingga baju mereka basah kuyup akibat disiram sepanjang jalan.

Usai arak-arakan keliling kampung, sejumlah warga dan aparat desa bersama-sama joget jaipong, serta sawer-saweran kepada penyanyi. Selain arak-arakan keliling kampung, pemerintah desa juga menyediakan hiburan wayang golek dan istigosah bersama sebagai doa penutup.

"Ini supaya proses bercocok tanam petani lancar tanpa gangguan apapun," kata Busaeri, Kepala Desa Bongas. (had)
Bagikan berita ini :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Home | Warga Menulis | Redaksi
Hak Cipta © KarawangNews
Template Created by Tan Erizawa | Published by ApoedCyber | Grup Facebook | Twitter @KarawangNews
- NO PLAGIAT - Dilarang mengutip naskah, mengambil foto dan banner tanpa ijin redaksi -